Rabu, 21 Nov 2018 13:00 WIB

Tingkat Kecerahan Layar Android Pie Diatur Pakai AI

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Tingkat kecerahan layar Android Pie diatur pakai AI (Foto: Justin Sullivan/Getty Images) Tingkat kecerahan layar Android Pie diatur pakai AI (Foto: Justin Sullivan/Getty Images)
Jakarta - Ponsel Android punya fitur untuk mengatur tingkat kecerahan layar sesuai dengan kondisi cahaya sekitar. Namun terkadang pengaturan ini tak sesuai dengan keinginan pengguna.

Ini karena pembuat ponsel Android masih mengacu pada rekomendasi dari pembuat layar untuk mengatur tingkat kecerahan layar pada kondisi tertentu. Dan pengaturan ini menggunakan dasar yang sama untuk setiap pengguna.

Hasilnya adalah pengguna masih harus mengatur tingkat kecerahan secara manual sesuai dengan preferensinya, dan hal ini harus terus dilakukan setiap kali kondisi pencahayaan sekitar berubah.

Namun di Android 9, Google meningkatkan kemampuan Adaptive Brightnessnya, dan menggunakan machine learning untuk mempelajari kebiasaan pengguna dalam pengaturan tingkat kecerahan.

Ponsel akan mengingat setiap kali pengguna melakukan pengaturan tersebut, dan mempelajari kebiasaan tersebut. Setelah 'terlatih', ponsel akan bisa mengatur tingkat kecerahan layar sesuai dengan keinginan pengguna, dan setiap kali kondisi cahaya sekitar berubah.

"Kami percaya bahwa kecerahan layar adalah salah satu hal yang harus berfungsi benar, dan perubahan di Android Pie ini adalah satu langkah lebih maju ke hal tersebut. Untuk performa terbaik tak peduli di mana pun anda berada model ini berjalan di perangkat, bukan di cloud, dan bisa tetap berlatih selama ponsel di-charge," tulis Google, seperti dikutip detikINET dari Phone Arena, Rabu (21/11/2018).

[Gambas:Youtube]

(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed