Punya Cortana, Microsoft Malah Jualan Alexa

Punya Cortana, Microsoft Malah Jualan Alexa

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 19 Nov 2018 17:55 WIB
Cortana. Foto: Internet
Jakarta - Microsoft diketahui mulai berjualan Amazon Echo, salah satu perangkat Amazon yang berbasis asisten virtual Alexa di sejumlah toko retailnya.

Berdasarkan laporan pengguna Twitter dengan nama akun WalkingCat menyebutkan, Microsoft menjual perangkat Echo Dot terbaru dan generasi kedua Echo. Kedua perangkat ini tersedia secara offline maupun online di Microsoft Stores di Amerika Serikat.

Keputusan ini tentu cukuo mengundang pertanyaan, mengingat Microsoft punya asisten digital Cortana yang dibanggakannya, namun malah mempromosikan bahkan membantu penjualan perangkat Amazon yang menggunakan Alexa.



Rupanya, langkah ini merupakan bentuk kerja sama lanjutan Microsoft dengan Amazon dalam upayanya mengintegrasikan Alexa dan Cortana. Kolaborasi Alexa dan Cortana sudah bisa terlihat belakangan ini.

Dikutip dari The Verge, Senin (19/11/2018), Microsoft saat ini memang kian fokus meningkatkan kerja sama dengan Amazon dan integrasi dengan Alexa, setelah menyadari Cortana jauh tertinggal para rivalnya di ranah asisten virtual.

Punya Cortana, Microsoft Malah Jualan Alexa Foto: istimewa


Wujud kerja sama lain dari kolaborasi ini antara lain, Xbox One yang kini mendukung Alexa. Sebaliknya Amazon, bahkan meluncurkan aplikasi Alexa Windows 10 sendiri untuk menghadirkan asisten digitalnya tersebut ke semua perangkat PC.

Cortana diluncurkan di Windows Phone lebih dari empat tahun lalu. Saat itu, Cortana digadang-gadang sebagai penyegaran dalam fungsi pencarian di Windows 10.



Sayang dalam perkembangannya, Microsoft salah langkah dengan memaksa Cortana ke area yang lebih fokus pada bisnis seperti chat bot, ketimbang yang berorientasi pada consumer seperti rivalnya Alexa, Siri dan Google Assistant, sehingga perlahan popularitasnya meredup sebelum sempat berkembang. (rns/fyk)