Senin, 19 Nov 2018 17:57 WIB

Penambahan Fitur AI Pada Smartpone Kian Marak, Gunanya Apa?

Robi Setiawan - detikInet
Foto: Vivo Foto: Vivo
Jakarta - Di era teknologi berkembang pesat seperti saat ini, fungsi smartphone bukan hanya sebatas alat komunikasi, kamera, atau menjelajah internet. Lebih dari itu smartphone telah didesain memahami penggunanya lebih jauh melalui Artificial Intelligence (AI).

Perusahaan riset Gartner bahkan menyebut AI akan menjadi salah satu fitur utama yang menjadi pembeda antar produsen smartphone, serta menjadi fitur yang esensial dalam menghadapi kompetisi pasar ke depan.

Gartner pun memprediksi pada 2022 sebanyak 80 persen produsen akan mengusung kemampuan AI dalam setiap piranti smartphone-nya. Prediksi ini meningkat pesat dibandingkan dengan data 2017 yang baru mencapai 10 persen dari total smartphone.

Smartphone berbasis AI saat ini pun semakin mudah dijangkau dan didapatkan, di antaranya sempat booming beberapa waktu lalu, Vivo V11 dan V11 Pro dengan fitur AI di dalamnya membuat interaksi lebih baik, hasil kamera yang khas, hingga mesin pemacu smartphone yang bekerja sesuai kebutuhan dan gaya hidup penggunanya.

General Manager for Brand and Activation PT Vivo Mobile Indonesia Edy Kusuma mengatakan dukungan AI pada smartphone sebagai perangkat esensial harian bukan hanya memberikan solusi bagi kebutuhan pengguna yang sangat ekstensif, namun juga memaksimalkan pengalaman mobile pengguna secara keseluruhan.


"Konsumen menjadi basis pengembangan produk Vivo, dan saat ini secara global kami semakin serius memperkuat AI sebagai salah satu fitur unggulan bersama dengan spesifikasi lainnya seperti kamera, desain, dan performa," kata Edy dalam keterangan tertulis, Senin (19/11/2018).

Vivo V11 dan V11 Pro hadir dengan asisten AI Jovi, untuk memberikan bantuan bagi pengguna dalam aktivitas harian. Terintegrasi dengan Google Assistant dan Google Lens, AI Jovi memberikan banyak kemudahan mulai dari hal paling sederhana seperti skor pertandingan tim sepakbola terfavorit, hingga mencari tahu lokasi, brand, bahkan membandingkan harga transportasi sebelum merencanakan liburan.

Penambahan Fitur AI Pada Smartpone Kian Marak, Gunanya Apa?Foto: Vivo

Selain itu, Google Lens dalam V11 Pro dan V11 dapat mengidentifikasi dan melakukan pencarian terkait produk atau barang hanya melalui kamera. Cukup aktifkan fitur Google Lens saat ingin mengambil gambar, dan Google Lens akan memindai informasi dan menampilkan hasil pencarian.

Bagi pengguna yang aktif bermultitasking, AI Jovi juga mampu membuat agenda dan to-do list semakin mudah dilakukan. Melihat daftar film yang sedang diputar di bioskop terdekat, serta pembaruan informasi mengenai jalur lalu lintas menuju rumah pun dapat diakses dalam satu layar lewat Vivo V11 Pro dan V11.

Jovi AI Engine pada Vivo V11 Pro dan Vivo V11 hadir untuk mengakomodasi performa smartphone lebih baik dengan alokasi CPU dan sumber daya memori yang lebih efisien daripada sebelumnya.

Dengan 'membaca' kebiasaan penggunaan ponsel pengguna, CPU akan menyediakan mode operasi yang khusus kepada konsumen. Jovi AI Engine mendeteksi aplikasi yang sedang digunakan, paling sering digunakan, serta aplikasi yang jarang dibuka.


Selain prosesor Qualcomm Snapdragon 660AIE, V11 Pro dilengkapi dengan RAM 6GB + 64GB ROM dengan slot MicroSD hingga 256GB yang memastikan penyimpanan cukup untuk semua pengguna.

Dengan membaca perilaku penggunanya menggunakan aplikasi, Jovi AI Engine mengalokasikan dengan strategis bagaimana memproses aplikasi dan mengomptimalkan kinerja fitur-fitur dalam Vivo V11 Pro dan V11 agar tetap maksimal. Ini tentu menjadi keunggulan tersendiri bagi pengguna dengan kebutuhan spesifik seperti mobile gaming dan mobile photography.

"Teknologi AI bukan sekadar hanya pada kamera semata. Vivo V11 Pro telah menunjukkan bagaimana AI bisa membantu pengguna dalam berbagai hal dan akan semakin cerdas di masa depan. Vivo juga terus melakukan inovasi dalam Artificial Intelligence untuk membuat smartphone kian smart dan canggih," tambah Edy.

Konsumen dapat memperoleh smartphone kamera terbaik 2018, Vivo V11 Pro yang dibanderol Rp 4.999.000 dan smartphone terbaik 2018, Vivo V11 Rp 4.499.000. Selain itu, dapatkan juga penawaran istimewa jelang 5th Anniversary Vivo Smartphone di Indonesia, dengan promo khusus untuk Vivo V11 6GB/64GB, dengan promo cashback Rp 500 ribu.

Promosi spesial ini berlaku untuk setiap pembelian baik melalui gerai Vivo Store atau mitra ritel Vivo se-Indonesia maupun melalui e-commerce official store Vivo seperti Shopee, JD.ID, Lazada, dan Akulaku.

Vivo Indonesia juga tengah menghadirkan kampanye #V11ProIndonesiaJuara yang salah satunya berupa program promo "Indonesia Juara, V11 Pro Full Cashback" yang mana setiap pembelian Vivo V11 Pro Champion Phone di Shopee akan mendapatkan Full Cashback jika Indonesia berhasil menjadi juara AFF Suzuki Cup 2018 yang berlangsung dari 8 November hingga 15 Desember 2018. (idr/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed