Minggu, 18 Nov 2018 14:10 WIB

Huawei Bikin Asisten Pintar Penantang Amazon dan Google

Virgina Maulita Putri - detikInet
Ponsel Huawei. Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET Ponsel Huawei. Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET
Jakarta - Huawei saat ini sedang mengembangkan asisten pintar untuk pasar di luar China. Langkah ini tampaknya untuk menyaingi dominasi Amazon Alexa dan Google Assistant yang sering digunakan di speaker pintar dan smartphone.

Huawei sendiri telah memiliki asisten pintar untuk pasar China yang disebut Xiaoyi. Xiaoyi digunakan untuk mentenagai speaker pintar Huawei, AI Cube dan smartphone buatannya.

"Pada awalnya, kami hanya menggunakan Google Assistant dan Amazon Alexa untuk AI Cube dan smartphone," kata CEO Divisi Konsumen Huawei, Richard Yu, seperti dikutip detikINET dari CNBC, Minggu (18/11/2018).



"Kita butuh lebih banyak waktu untuk mengembangkan layanan kecerdasan buatan (AI) kami. Kemudian kita akan memperluas ini hingga di luar China," sambungnya.

Yu sendiri tidak menyebutkan bahasa apa yang akan digunakan oleh asisten pintarnya untuk pasar di luar China ini. Ia juga tidak menjelaskan kapan teknologi ini akan mulai tersedia.

Walaupun nantinya tidak akan menggunakan layanan milik Google dan Amazon lagi, Yu menegaskan bahwa Huawei akan terus melanjutkan kemitraan dengan kedua raksasa teknologi tersebut.

Namun, tidak dapat dielakkan bahwa hadirnya asisten pintar ini akan membuat Huawei berkompetisi langsung dengan beberapa perusahaan lainnya yang telah lebih dulu meluncurkan asisten pintar. Selain Amazon dan Google, ada juga Apple yang memiliki Siri dan Samsung dengan Bixby.
(vim/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed