Sabtu, 17 Nov 2018 09:15 WIB

One UI Datang, Tema di Samsung Galaxy Tak Lagi Gratis?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Fino Yurio Kristo/detikINET Foto: Fino Yurio Kristo/detikINET
Jakarta - Pengguna Galaxy harus siap menelan kekecawaan. Sebab, tema dari pihak ketiga yang biasa digunakan di ponselnya dan tentunya gratis, maka nantinya akan jadi berbayar.

Dilansir detikINET dari The Verge, Sabtu (17/11/2018) Samsung mulai mengirimkan notifikasi kepada penggunanya bahwa dengan adanya Android 9 Pie di perangkatnya, maka tema yang diunduh dengan gratis hanya bisa digunakan selama 14 hari.



Setelah masa berlakunya habis, maka tema ponsel akan kembali ke tema default milik Samsung.

Pengguna nantinya akan mendapatkan dua notifikasi, sebelum tema gratis mereka dihapus. Notifikasi pertama akan diberikan 24 jam sebelum masa berlaku habis. Selanjutnya yang kedua akan diberikan 10 menit sebelum masa berlaku tema berakhir.



Nantinya, bersamaan dengan notifikasi tersebut Samsung akan memberikan sugesti untuk tema baru yang dapat diunduh penggunanya. Diperkirakan tema yang disarankan Samsung tersebut merupakan tema premium, sehingga vendor asal Korea Selatan ini bisa mendapatkan komisi dari penjualannya.

Samsung sendiri beralasan bahwa kebijakan baru ini berupaya untuk mendorong kreativitas desainer tema di platform-nya.

Selain itu, Samsung sepertinya ingin mendorong penggunanya untuk menggunakan desain antarmuka terbarunya, One UI yang dipamerkan pada minggu lalu. One UI sendiri akan hadir bersamaan dengan Android 9 Pie yang dijadwalkan akan diluncurkan pada Januari 2019 ke beberapa ponsel Samsung.



Simak video 'Galaxy A7 Ponsel 3 Kamera yang Dibanderol Rp 4,499 Juta':

[Gambas:Video 20detik]

(agt/agt)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed