Android Pie Punya Mode Lockdown, Apa Gunanya?

Android Pie Punya Mode Lockdown, Apa Gunanya?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 15 Nov 2018 13:30 WIB
Foto: Istimewa/Phone Arena
Jakarta - Android 9.0 Pie punya sejumlah fitur yang tak tersedia di Android versi sebelumnya. Salah satunya adalah mode Lockdown. Apa gunanya?

Mode Lockdown adalah sebuah fitur yang akan mematikan semua metode untuk membuka kunci ponsel secara otomatis, seperti sistem pengenalan wajah, sensor sidik jari, dan berbagai metode lainnya.

Mode ini berguna untuk menjaga data pribadi ketika ponsel kita sedang digunakan oleh orang lain yang tak dikenal, seperti saat ponsel disita, atau harus menyerahkan ponsel ketika melewati mesin x-ray, dan sejenisnya.




Untuk menyalakan mode ini, cuukup masuk ke menu Settings > Security & Location. Dari sana, masuk ke menu Lock Screen Preferences dan nyalakan opsi Show Lockdown. Setelah itu, untuk mengaktifkannya pengguna bisa menekan dan menahan tombol power dan menyalakan mode ini dari opsi yang muncul.

Setelah dinyalakan, ponsel akan langsung terkunci, dan tak lagi menampilkan notifikasi pada layar, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Kamis (15/11/2018).

Untuk menonaktifkan mode ini, pengguna harus memasukkan PIN, password, atau membukanya melalui pola yang digambar di layar.

(asj/krs)