Rabu, 14 Nov 2018 20:05 WIB

Ini Keistimewaan Touchpad Layar Sentuh Asus

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Screenpad pada Asus Zenbook Pro 15 UX580. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET Screenpad pada Asus Zenbook Pro 15 UX580. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET
Jakarta - Asus baru saja menghadirkan laptop anyarnya, yaitu Zenbook Pro 15 UX580 ke Indonesia. Satu fitur unggulannya adalah hadirnya touchpad layar sentuh, atau disebutnya sebagai screenpad.

Layarnya FHD Super IPS+ berukuran 5,5 inch. Screenpad ini memiliki daya pandang sampai 178 derajat. Terdapat lapisan yang melindungi screenpad ini dari goresan, jejak sidik jari, serta goresan.




Asus menanamkan fungsi khusus pada tombol F6 di laptop ini untuk mengatur mode pada screnpad. User bisa menyalakan dan mematikan screenpad dengan tombol tersebut. Ketika mati, maka screenpad ini akan berfungsi sebagai touchpad biasa.

Nah, saat diaktifkan, terdapat sejumlah program bawaan di dalamnya. Ada numpad, kalender, kalkulator, pemutar musik, dan launcher untuk menjalankan aplikasi di dalam laptop, Spotify misalnya.

Kemudian, ada mode extension screen. Beberapa program seperti Microsoft Office bisa menampilkan tools tambahan di screenpad. Misalnya, kita bisa mengatur layout dalam presentasi yang kita buat melalui screenpad.

Lalu, ada fitur Asus Sync yang memungkinkan screenpad tersebut bisa dihubungkan dengan ponsel. Keduanya bisa dihubungkan lewat bluetooth atau wi-fi.

Saat terhubung, user bisa melihat notifikasi pada smartphone dari screenpad. Sejumlah informasi mengenai ponsel seperti persentase baterai juga bisa diketahui.

Lanjut lagi, ada fungsi mirroring. Dari sini, pengguna bisa menduplikasi tampilan di ponsel ke laptop. Aplikasi game seperti Arena of Valor (AOV) juga bisa dibuka dan dimainkan saat menjalankan fungsi ini.




Muhammad Firman, PC & ROG TPR Territory Marketing Asus Asia Pacific, mengatakan bahwa ponsel berbasis iOS maupun Android bisa menggunakan fungsi tersebut.

Ia tidak menyebut versi minimal dari Android atau iOS yang dibutuhkan ponsel dalam mendukung fungsi tersebut. Yang jelas, untuk menggunakan Asus Sync, user perlu mengunduh aplikasi bernama sama di Play Store maupun App Store.


(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed