Rabu, 14 Nov 2018 10:55 WIB

Xiaomi Minta Maaf Soal Kontroversi Flash Sale

Fino Yurio Kristo - detikInet
Mi 8 Lite, salah satu ponsel andalan Xiaomi yang baru saja terlibat kontroversi flash sale di Inggris (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET) Mi 8 Lite, salah satu ponsel andalan Xiaomi yang baru saja terlibat kontroversi flash sale di Inggris (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
London - Flash sale perdana Xiaomi di Inggris menuai kontroversi. Sampai-sampai vendor asal China ini mengutarakan penjelasan panjang lebar sekaligus permintaan maaf.

Diberitakan sebelumnya, Xiaomi menggelar flash sale Mi 8 Lite dan Mi A2 yang dijual cuma 1 poundsterling atau Rp 19 ribu. Tapi handset tersebut terjual begitu singkat. Beberapa peminat langsung komplain ke Xiaomi. Belakangan diketahui bahwa unit yang dijual cuma 10.

Dalam penjelasannya, Xiaomi mengaku sebenarnya program tersebut bukanlah flash sale seperti yang biasa dilakukan Xiaomi di berbagai negara, mengingat ponsel yang tersedia untuk dijual terbatas. Tapi agar lebih familiar, nama flash sale akhirnya dipilih.




"Kala Xiaomi diluncurkan di Inggris pada 8 November, kami ingin berterima kasih pada Mi Fans Inggris dan konsumen masa depan atas dukungan mereka dengan menawarkan deal istimewa. Promosinya sebenarnya dinamakan Crazy Deal dan total 10 smartphone dijual 1 poundsterling," tulis Xiaomi di Twitter.

"Tapi sebelum peluncuran, terkait potensi konotasi negatif Crazy Deal, kami ubah namanya jadi Flash Sale. Sayang, kami tak menyadari publik mengasosiasikannya dengan apa yang dilakukan Xiaomi di pasar global yang berbeda, di mana lebih dari 10 perangkat tersedia," papar mereka.

"Ini membuat media sosial heboh bahwa aturan Flash Sale ini tdiak jelas dan perangkat 1 poundsterling itu tak tersedia. Kami bisa mengkonfirmasi ada 10 konsumen telah membeli ponsel Xiaomi seharga itu. Dari ribuan yang mengklik bersamaan, sistem kami memilih pemenang secara acak," lanjut Xiaomi.

"@XiaomiUK ingin meminta maaf atas segala kesalahpahaman. Jika Anda ingin informasi lebih lanjut untuk kejelasan, please DM kami," pungkas mereka.

Flash sale Xiaomi memang sudah sering digelar di berbagai negara, termasuk Indonesia. Xiaomi coba menegaskan bahwa program diskon di Inggris itu sebenarnya bukan flash sale murni seperti biasanya, melainkan disebut demikian agar lebih mudah dan positif penyebutannya saja.






Tonton juga 'Ini Ponsel Pertama Xiaomi dengan Dual Kamera Depan dan Belakang':

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed