Selasa, 13 Nov 2018 12:41 WIB

Harbolnas di Negeri Sendiri, Huawei-Xiaomi Dikalahkan iPhone

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Huawei-Xiaomi dikalahkan iPhone dalam harbolnas China di Alibaba (Foto: detikINET/Adi Fida Rahman) Huawei-Xiaomi dikalahkan iPhone dalam harbolnas China di Alibaba (Foto: detikINET/Adi Fida Rahman)
Jakarta - iPhone berhasil mengalahkan keperkasaan Huawei dan Xiaomi dalam momen harbolnas China yang diselenggarakan Alibaba pada 11 November lalu.

Alibaba merilis daftar produk dalam berbagai kategori yang mencatatkan penjualan tertinggi saat Singles' Day 11 November lalu. Apple mencuat sebagai pemuncak di kategori ponsel lewat iPhone besutannya.

Munculnya perusahaan pimpinan Tim Cook sebagai jawara di 'Hari Jomblo' itu mempertegas peningkatan performa mereka di Negeri Tirai Bambu. Pada periode tiga bulan yang berakhir September lalu, pendapatannya di China tumbuh 16% dari waktu yang sama tahun lalu.




Satu catatan menarik lainnya, mereka juga sukses mengalahkan Huawei dan Xiaomi yang pangsa pasarnya lebih besar di China. Keduanya masing-masing berada di posisi kedua dan ketiga sebagi merek ponsel paling laris di Singles' Day.

Pada Kuartal II 2018, Huawei berada di posisi teratas dengan market share 27%, sedangkan XIaomi ada di urutan empat lewat catatan pangsa pasar sebesar 14%. Apple sendiri berada di tempat kelima.

Bisa jadi, Apple secara tidak langsung terbantu dengan diselenggarakannya Singles' Day ini secara internasional, tidak hanya di Negeri Tirai Bambu saja. Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan, Australia, dan Jerman adalah lima pasar di luar China yang menyumbang pembelian terbesar di pesta belanja online tersebut.




Lantas, bagaimana nasib Samsung? Vendor yang menjadi penguasa pasar ponsel global ini hanya berada di urutan kedelapan soal penjualan smartphone di Singles' Day, sebagaimana detikINET kutip dari CNBC, Selasa (13/11/2018).

Hal ini menjadi tidak mengherankan mengingat performa mereka kurang baik di China sebagi penyumbang terbesar pembelian di pesta belanja online tersebut. Lima tahun yang lalu, Samsung menguasai 20% pasar smartphone China, kini mereka hanya punya market share sekitar 1%.

(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed