Jumat, 09 Nov 2018 12:15 WIB

Dark Mode Bikin Baterai Android Lebih Awet

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Jason Kempin/Getty Images for Oreo Foto: Jason Kempin/Getty Images for Oreo
Jakarta - Selama 2018 ini Google menambah sebuah fitur baru di jajaran aplikasi bikinannya untuk Android, yaitu Dark Mode. Kini Google mengungkap manfaat dari fitur tersebut.

Salah satu alasan Google menghadirkan Dark mode adalah untuk melindungi pengguna dari latar berwarna putih yang lazim digunakan dalam Material Design, tema Android selama beberapa versi terakhir.

Sebagai informasi, Dark Mode adalah fitur di Android yang mengubah tema warna, dari latar putih dan teks hitam, menjadi latar hitam dan teks putih. Di beberapa ponsel, mode ini juga terkadang diberi nama Night Mode.

Namun tak cuma itu, Dark Mode pada jenis ponsel tertentu bisa mengurangi penggunaan daya baterai, yang berujung pada baterai yang lebih irit. Ponsel tertentu yang dimaksud adalah ponsel dengan panel layar AMOLED.

Dark Mode Bikin Baterai Android Lebih AwetFoto: Dok. Google

Hal ini diungkap Google dalam gelaran Android Dev Summit, di mana mereka mengajak para developer untuk menambahkan Dark mode pada aplikasi buatannya. Untuk membuat para developer tertarik, Google mengungkap data perbandingan konsumsi daya baterai antara Dark Mode dan mode biasa.

Contohnya YouTube, yang pada Dark mode mengkonsumsi baterai 14% lebih irit ketimbang pada mode normal. Pengiritan lebih terasa pada tingkat kecerahan 100%, di mana pengiritan baterainya bisa mencapai 60%, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (9/11/2018).

Google juga memberikan data dari aplikasi lain seperti Google Maps, yang pengiritannya pun bisa mencapai 63% pada Dark mode. Mengapa Dark Mode bisa membuat konsumsi daya baterai lebih irit?

Pengiritan ini didasari oleh cara kerja panel AMOLED yang tak membutuhkan backlight seperti panel LCD. Jadi, ketika warna yang ditampilkan adalah hitam, maka pixel tersebut sebenarnya sama sekali tak menyala, maka semakin banyak gambar berlatar warna hitam, maka semakin banyak pula pixel yang tak menyala, dan berujung pada konsumsi daya yang lebih irit.

Selain mengirit baterai, cara kerja panel AMOLED ini pun membuat tingkat kontras yang semakin tinggi, karena warna hitam yang dihasilkan sangat pekat.

Jadi sebenarnya ajakan Google untuk menghadirkan Dark Mode ini adalah cara mereka untuk memperbaiki kesalahan mereka sendiri, yang menampilkan lebih banyak warna putih pada Material Design. (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed