Jumat, 09 Nov 2018 08:14 WIB

Asyik, Aplikasi Android Bisa Tetap Dipakai Ketika Update

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ilustrasi. Foto: GettyImages Ilustrasi. Foto: GettyImages
Jakarta - Dalam acara Android Dev Summit di Computer History Museum, Mountain View, California, Amerika Serikat, Google mengeluarkan sejumlah pengumuman berkaitan dengan Android. Salah satunya soal update aplikasi di perangkat yang mendukung sistem operasi tersebut.

Terkait dengan hal itu, Google memperkenalkan In-app Updates API. Saat ini, pihaknya menyebutkan masih melakukan uji coba terhadap API tersebut untuk sejumlah partner secara terbatas.

Setelahnya, mereka akan memberikan akses penuhnya terhadap seluruh pengembang aplikasi. Untuk waktunya, mereka hanya menyebut "segera".



Nah, di dalam In-app Updates API ini, pengguna ponsel Android mendapat opsi dalam menggunakan aplikasi yang mendapat pembaruan. Keduanya masing-masing bernama full-screen experience dan flexible update.

Opsi pertama diterapkan untuk pembaruan yang penting. Nantinya, para pengembang bisa memberikan notifikasi yang menutupi layar secara penuh begitu user membuka aplikasi bersangkutan. Begitu prosesnya selesai, maka aplikasi yang sudah diperbarui otomatis terbuka.

Walau begitu, pengguna tidak diwajibkan untuk melakukan update secara langsung, misal ketika baterai ponselnya tinggal sedikit, atau kuota internya sudah sekarat (ditambah tidak terhubung dengan wi-fi). Dalam kasus ini, ada gambar "x" yang bisa ditekan dan akan mengeluarkan user dari aplikasi.

Sedangkan opsi kedua memungkinkan user untuk tetap menggunakan aplikasi sebagaimana mestinya walaupun sedang mendapat pembaruan. Hasil update itu baru akan tampak ketika user membuka ulang aplikasi bersangkutan.

(mon/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed