Kamis, 08 Nov 2018 10:47 WIB

Samsung Perkenalkan Antarmuka One UI, Apa yang Beda?

Kris Fathoni W - detikInet
Jee Won Lee dari Samsung menjelaskan soal One UI, antarmuka baru di perangkat mobile Samsung (Foto: Stephen Lam/Reuters) Jee Won Lee dari Samsung menjelaskan soal One UI, antarmuka baru di perangkat mobile Samsung (Foto: Stephen Lam/Reuters)
Jakarta - Dalam acara teranyar, salah satu yang dimunculkan Samsung adalah One UI. Ini merupakan skin/antarmuka baru yang akan dipakai di perangkat mobile Samsung.

Saat ini antarmuka yang digunakan Samsung pada perangkat mobilenya adalah Samsung Experience, yang menggantikan TouchWiz. One UI bakal menjadi suksesor, sebagaimana diumumkan dalam Samsung Developer Conference di San Francisco, Rabu (7/11/2018) waktu lokal.


Samsung Perkenalkan Antarmuka One UI, Apa yang Beda?Foto: Siaran Pers Samsung


"Dengan One UI pengguna cuma akan melihat apa yang butuh mereka lihat, saat mereka butuh untuk melihatnya, sehingga mereka bisa fokus ke hal-hal yang memang penting," kata Samsung Electronics Senior Designer of UX Design Jee Won Lee, seperti dikutip detikINET dari CNET.




Terkait itu, program open beta akan dimulai pada bulan ini di AS, Jerman, dan Korea Selatan. Rencananya Samsung akan mulai menyebarkan rilis final One UI ke Galaxy S9, S9 Plus, dan Note 9 pada bulan Januari.

One UI dijanjikan menawarkan pengalaman interaksi pengguna dengan perangkat Samsung jadi lebih mulus, khususnya buat penggunaan dengan satu tangan, lewat antarmuka simpel dan efektif.


Tonton video: Ini Video Penampakan Infinity Flex, Ponsel Lipat Samsung

[Gambas:Video 20detik]



Menurut CNET, terkait tujuan memberikan user experience lebih sip, One UI menempatkan konten-konten paling relevan buat pengguna di paruh bawah layar agar mudah diakses walaupun akses ke notifikasi tetap berada di bagian atas. Ada pula fungsi pengelompokan aplikasi paling sering dipakai. Navigasi tertentu akan muncul saat diperlukan dan hilang ketika tak dibutuhkan -- semisal search bar dan tab menu yang raib saat hendak menelepon.



Samsung Perkenalkan Antarmuka One UI, Apa yang Beda?Foto: Siaran Pers Samsung


Analis GlobalData Avi Greengart, dalam pandangannya, menilai bahwa antarmuka One UI ini memang terlihat memiliki potensi memudahkan pengguna ponsel kekinian.

"Saat ini kita menggunakan ponsel-ponsel ukuran besar, tapi tangan kita kan tidak bisa semakin besar. Display jadi lebih panjang dan perkara jangkauan tangan bisa bikin ponsel sulit dinavigasikan. Di software ini Samsung berusaha mengatasinya," ucapnya.




(krs/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed