Rabu, 07 Nov 2018 14:35 WIB

Xiaomi Susul Huawei-Honor Kloning AirPods Apple

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Mi AirDots Youth Edition, earbud wireless milik Xiaomi. Foto: Xiaomi Mi AirDots Youth Edition, earbud wireless milik Xiaomi. Foto: Xiaomi
Jakarta - Belum lama ini Honor resmi merilis earphone nirkabel, atau bisa juga disebut earbud wireless, yang terdiri dari dua tipe, yaitu FlyPods dan FlyPods Pro. Menariknya, perangkatnya itu sangat mirip dengan AirPods milik Apple.

Langkah Honor ini serupa dengan Huawei yang sebelumnya sudah merilis FreeBuds. Sejumlah kemampuan yang dimiliki oleh FlyPods juga dimiliki oleh FreeBuds, dengan desain charging case jadi salah satu pembeda utama.




Menariknya, tak sampai seminggu setelah pengumuman itu, kini giliran Xiaomi yang merilis perangkat serupa. Mereka menamainya AirDots, atau Mi AirDots Youth Edition untuk lengkapnya. Perangkat ini mendukung Bluetooth v5.0 untuk koneksinya, namun tetap bisa dihubungkan dengan Bluetooth versi sebelumnya, seperti v4.2.

Selain itu, ada juga area sentuh sebagai satu-satunya bagian yang terlihat ketika digunakan. Itu berguna untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan voice assistant, menyalakan atau mematikan musik, maupun mengangkat dan menolak panggilan masuk.

Hal ini juga yang membedakannya dengan earbud wireless milik Apple, Huawei, maupun Honor, yang menampilkan 'tangkai' ketika dikenakan. Walau begitu, Mi AirDots sama-sama menggunakan teknologi true wireless stereo (TWS) seperti AirPods yang membagi audio ke kedua earbud.


Mi AirDots Youth Edition, earbud wireless milik Xiaomi.Mi AirDots Youth Edition, earbud wireless milik Xiaomi. Foto: Xiaomi



Soal ketahanan baterai, Mi AirDots disebut bisa digunakan selama lima jam untuk satu kali pengisian daya. Perangkat ini juga ditemani dengan charging case yang menyediakan 12 jam pengisian daya, sebagaimana detikINET kutip dari NDTV, Rabu (7/11/2018).

Saat ini, AirDots sudah tersedia untuk dipesan secara pre-order di China. Harganya berada di angka 199 yuan, atau sekitar Rp 400 ribuan. Mereka baru mulai dijual terbuka pada 11 November mendatang di Negeri Tirai Bambu.


(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed