Rabu, 07 Nov 2018 11:33 WIB

Rilis Bareng, Yuk Bandingkan Xiaomi Redmi Note 6 Pro dan Honor 8X

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Yuk membandingkan Redmi Note 6 Pro dengan Honor 8X yang lahir bareng di Indonesia (Foto olahan: Adi Fida Rahman/detikINET) Yuk membandingkan Redmi Note 6 Pro dengan Honor 8X yang 'lahir' bareng di Indonesia (Foto olahan: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta - Di hari yang sama, Honor dan Xiaomi berbarengan merilis ponsel barunya di Indonesia. Mari fokus ke Honor 8X dan Xiaomi Redmi Note 6 Pro.

Honor dan Xiaomi sama-sama memilih tanggal 6 November 2018 sebagai momen peluncuran tersebut. Apalagi ponselnya ternyata berada pada rentang harga tidak jauh berbeda, dengan spek yang relatif berkompetisi.




Pada prosesnya di hari Selasa (6/11) kemarin, Honor meluncurkan Honor 8X di Indonesia pada pukul 15.00 WIB. Sedangkan Xiaomi memboyong sejumlah produk, termasuk Redmi Note 6 Pro, pada pukul 13.00 WIB alias dua jam sebelum Honor.

Hal ini bahkan membuat Presiden Honor Indonesia James Yang cukup geram karena peluncuran Honor 8X jadi sedikit molor, terimbas acara Xiaomi yang digelar lebih dulu. Apalagi James Yang merasa Honor sudah jauh-jauh hari menentukan tanggal, lalu ditiru Xiaomi.




Balik fokus ke produk, Honor bukan cuma melabeli 8X sebagai flagship killer melainkan juga secara khusus menegaskan keunggulan dibandingkan Xiaomi Redmi Note 6 Pro. Hal itu di antaranya dikatakan James Yang di sesi konferensi pers usai peluncuran Honor 8X.

Lantas bagaimana jika menilik spek Honor 8X dan spek Redmi Note 6 Pro? Mereka punya keunggulan masing-masing: nama pertama mengedepankan teknologi CoF, sedangkan satunya andalkan empat kamera.

Honor 8X memakai teknologi chip-on-film (CoF) dan desain antena khusus yang menempatkannya di sisi samping, sehingga tidak menumpuk di bagian "dagu" ponsel. Hal ini berdampak signifikan sehingga bagian bezel bawahnya menjadi 4,25 mm. Screen-to-body ratio ponsel ini pun mencapai 91%.




Masih soal layarnya, smartphone ini mengusung layar Full View Display berukuran 6,5 inch, dengan resolusi 2340 x 1080 dan aspek rasio 19,5:9. Tak ketinggalan ada notch di bagian atasnya.

Selain itu, ada sejumlah fitur yang disematkan pada layar ponsel ini. Seperti mode eye comfort yang mengurangi radiasi sinar biru pada layar. Ada juga tampilan siang malam yang menyesuaikan intensitas cahaya lingkungan user berada.

Sedangkan Redmi Note 6 Pro menggunakan panel IPS berukuran 6,26 inch dengan notch alias poni. Xiaomi mengklaim ponsel ini punya rasio layar ke bodi sebesar 86%. Layarnya sendiri dijanjikan punya tingkat kecerahan 500 nits dan dilindungi oleh Gorilla Glass 2,5D.


Rilis Bareng, Yuk Bandingkan Honor 8X dan Xiaomi Redmi Note 6 ProRedmi Note 6 Pro (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)


Beralih ke kamera, Honor 8X memiliki lensa ganda di belakang, masing-masing berukuran 20 MP dan 2 MP yang ditanamkan kecerdasan buatan sehingga mampu mengenali lebih dari 500 skenario dalam 22 kategori. Sedangkan kamera belakangnya mempunyai kualitas 16 MP yang turut mendukung fungsi AI untuk mode backlight.

Di aspek ini, ada empat kamera yang dibenamkan di Redmi Note 6 Pro. Masing-masing dua di belakang dan di depan.




Kamera utama di bagian belakang berbekal 12 MP dengan ukuran pixel 1,4 mikron, lensa berdiafragma f/1.9, dan teknologi autofokus Dual Pixel. Sedangkan kamera keduanya berukuran 5 MP. Untuk kamera depannya, Xiaomi memasang kamera utama 20 MP dengan teknologi 4 in 1 pixel binning dan kamera 2 MP dengan depth sensor.

Kamera pada Redmi Note 6 Pro ini dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI), yang memiliki 27 scene detection category untuk memaksmalkan hasil foto. Selain itu ada AI untuk memotret bokeh dengan enam efek.

Bicara jeroan, Honor 8X menjadi smartphone Honor pertama yang mengusung chipset Kirin 710 octa core. Prosesor itu diproduksi dengan teknologi 12 nm. Dapur pacu itu ditemani dengan RAM 4 GB dan ROM 128 GB yang bisa ditambah sampai 400 GB lewat slot memori eksternal. Disertai juga dual-SIM di dalamnya.


Rilis Bareng, Yuk Bandingkan Honor 8X dan Xiaomi Redmi Note 6 ProHonor 8X (Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET)


Sebagai pelengkap, terdapat fitur face unlock, pemindai sidik jari, serta baterai berkapasitas 3750 mAh. Honor 8X menjalankan Android 8.1 Oreo dan EMUI 8.2. Soal warna, ada pilihan hitam, biru, dan merah yang disediakan.

Sedangkan Redmi Note 6 Pro masih sama dengan pendahulunya, yaitu memakai Snapdragon 636. Chipset tersebut dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh yang diklaim bisa bertahap 6 jam untuk bermain game, serta 8,5 jam untuk memutar video.




Ponsel yang tersedia dalam pilihan warna hitam, merah, pink dan biru ini mempunyai rangka metal dan bagian atas bawahnya terbuat dari plastik agar penerimaan sinyalnya lebih baik. Ada dua pilihan RAM dan ROM, yaitu 3 GB + 32 GB dan 4 GB + 64GB.

Untuk hal-hal tersebut, harga Honor 8X adalah senilai Rp 3.999.000. Sedangkan harga Redmi Note 6 Pro adalah Rp 2.899.000 (3 GB + 32 GB) dan Rp 3.299.000 (4 GB + 64 GB).

Menilik komparasi harga dan spek itu, Honor 8X dan Xiaomi Redmi Note 6 Pro pada dasarnya cukup bisa "diadu" dan berpotensi bikin bingung calon pembeli (tentunya yang bukan fanboy salah satu merek).

Kalau kamu pilih yang mana?




Tonton juga 'Keluarkan Produk Baru, Honor Siap Bersaing di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]

(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed