Senin, 05 Nov 2018 16:07 WIB

Begini Cara GPU Turbo Bikin Ponsel Huawei Ngebut Main Game

Moch Prima Fauzi - detikInet
Ilustrasi Mobile Legends/ Foto: Shutterstock Ilustrasi Mobile Legends/ Foto: Shutterstock
Jakarta - Untuk meningkatan performa ponselnya, Huawei menyematkan teknologi pengelola grafis yang disebut GPU Turbo. Teknologi ini dirilis Huawei bersamaan dengan update EMUI beberapa waktu lalu.

Kehadiran GPU Turbo di ponsel Huawei disebut menjadi salah satu faktor kelancaran saat bermain game. Secara umum, teknologi ini dapat mendongkrak kemapuan ponsel dalam memproses aplikasi dengan grafis yang intensif. Namun pada saat yang bersamaan, teknologi ini juga menjaga agar daya tahan baterai tetap irit.


Begini Cara Kerja GPU Turbo Bikin Ponsel Huawei Ngebut Main GameFoto: Moch Prima Fauzi


"Performa grafis sangat penting bagi smartphone karena perangkat ini dipakai untuk menjalankan berbagai aplikasi, khususnya game. Sebab, perkembangan di industri mobile game juga sangat pesat. Makin banyak pengguna yang memainkan game yang sangat membutuhkan kinerja grafis tingkat tinggi," kata Deputy Country Director Huawei Device Indonesia Lo Khing Seng dalam keterangan tertulis.




Di atas kertas, dukungan CPU, kapasitas RAM yang mumpuni serta teknologi GPU Turbo dapat memperlancar saat bermain game sehingga tak terjadi lag karena ponsel memproses grafis yang terlalu berat. Selain game, teknologi ini juga bisa menangani pengolahan grafis berat lainnya seperti virtual reality.

GPU Turbo akan langsung bereaksi ketika pengguna memainkan game seperti PUBG mobile dan game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Di beberapa game tersebut, GPU Turbo memberikan frame rate (fps) yang lebih tinggi sehingga gerakan pada game menjadi lebih mulus dan lancar.

Untuk cara kerjanya, Lo Khing Seng menjelaskan GPU Turbo dapat mengakselerasi kinerja dengan mengoptimasi cara sistem dalam memanfaatkan sumber daya software dan hardware yang ada.


Begini Cara Kerja GPU Turbo Bikin Ponsel Huawei Ngebut Main GameFoto: shutterstock


GPU Turbo memberikan efisiensi pemrosesan grafis sampai 60%, sedangkan komsumsi daya SoC secara keseluruhan dihemat sampai 30%.

Teknologi GPU Turbo ini telah dimiliki oleh salah satu lini ponsel Huawei yakni Nova 3i. Ponsel ini disokong oleh prosesor Kirin 710 yang terdiri dari 4x Cortex A73 dan 4x Cortex A53 Big (octa-core).

Penerus dari Kirin 659 ini mengalami peningkatan performa single-core sampai 75% dan performa multi-core sampai 68%. Kirin 710 juga mengintegrasikan GPU Mali G51 untuk mendongkrak performa sampai 130% dan menggandakan penghematan daya.




RAM dan ROM-nya termasuk tergolong berukuran jumbo yakni 4 GB + 128 GB. Sementara untuk sektor fotografi, total kamera yang dimiliki sebanyak 4 lensa dengan konfigurasi 16 MP + 2 MP di belakang dan 24 MP + 2 MP di bagian depan.


Begini Cara Kerja GPU Turbo Bikin Ponsel Huawei Ngebut Main GameFoto: Moch Prima Fauzi


Huawei Nova 3i memiliki layar seluas 6,3 inch dengan tampilan FullView beresolusi FHD+ (2340x1080 pixel). Aspek rasio pada layar berponinya yakni 19,5:9 sehingga leluasa untuk bermain game.

Selain itu, kehadiran GPU Turbo pada ponsel masa kini cocok untuk kaum milenial yang saat ini banyak menggandrungi permainan online dengan grafis tinggi.


(ega/fyk)