Jumat, 02 Nov 2018 19:07 WIB

Daftar Teranyar Para Penguasa Pasar Ponsel Dunia

Adi Fida Rahman - detikInet
Daftar teranyar para penguasa pasar ponsel dunia (Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images) Daftar teranyar para penguasa pasar ponsel dunia (Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images)
Jakarta - Banyak vendor mengempur pasar sepanjang kuartal ketiga 2018 dengan ponsel baru masing-masing. Lantas siapa yang berhasil menjadi penguasa selama priode tersebut?

Lembaga riset Counterpoint kembali merilis data pengapalan sepanjang kuartal ketiga tahun ini. Hasilnya cukup mengejutkan. Meski banyak perangkat baru, pasar rupanya tetap kurang bergairah.




Counterpoint mencatat sebanyak 386,8 juta unit ponsel dikapalkan di periode itu. Jumlah ini menurun 3% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Penurunan ini kali pertama terjadi, setelah lima tahun belakang mengalami pertumbuhan rata-rata 16%.

Banyak faktor yang jadi penyebab hal tersebut. Menurut sejumlah analis, faktor pertama adalah karena ekonomi global tengah melambat. Lalu ada juga faktor peningkatan tarif perdagangan dan kenaikan harga ponsel.

"Banyak pasar telah mencapai titik jenuh atas permintaan ponsel cerdas baru dan bergantung pada permintaan penggantian. Membeli perangkat yang lebih mahal akan menghasilkan perpanjangan siklus penggantian, terutama ketika penghasilan Anda terbatas," kata Direktur Riset Counterpoint Tom Kang.

Pihak Counterpoint mencatat sejumlah vendor besar mengalami penurunan penjualan, salah satunya Samsung. Tapi kendati pengapalan turun, vendor asal Korea Selatan itu tetap jadi penguasa pasar ponsel global.

Ini Para Penguasa Pasar Ponsel DuniaFoto: Muhammad Ridho


Sepanjang kuartal ketiga 2018, Samsung mengapalkan 72,3 juta. Padahal tahun lalu mereka berhasil mengirimkan 83,3 juta ke seluruh dunia, artinya ada penurunan sebanyak 13%. Ini membuat mereka menguasai 19% pasar ponsel global.

Di peringkat kedua ada Huawei dengan market share 13%. Kesuksesan P20 Pro dan seri lainnya telah mendongkrak pertumbuhan sebesar 33%. Bila tahun sebelumnya hanya 39,1 juta unit yang dikapalkan, kini mencapai 52 juta.

Posisi ketiga ada Apple dengan pangsa pasar 12%. Raksasa teknologi asal Cupertino itu mengapalkan 46,9 juta unit iPhone ke seluruh dunia. Jumlah ini tidak jauh berbeda dari periode sebelumnya, yakni 46,7 juta unit.

Ini Para Penguasa Pasar Ponsel DuniaFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Xiaomi juga mengalami pertumbuhan pada kuartal ketiga tahun ini. Jumlah pengapalan perusahaan besutan Lei Jun itu mencapai 35,7 juta unit. Padahal tahun sebelumnya hanya 28,5 juta unit. Alhasil naik 25% dan ini menjadikan mereka punya pangsa pasar 9%.

Oppo berada di posisi ke lima dengan pangsa pasar 9%. Vendor asal China ini berhasil meningkatkan pengapalan produknya sepanjang kuartal ketiga tahun ini. Dari 32,5 juta unit tahun lalu, menjadi 33,9 juta unit.

Catatan paling menarik ditorehkan HMD Global. Perusahaan pembesut ponsel Nokia ini mengalami pertumbuhan begitu pesat, mencapai 71%. Mereka mampu mengapalkan sebanyak 4,2 juta unit ponsel, tahun sebelumnya hanya 2,8 juta unit saja.

Untuk lebih jelas berikut data lengkapnya:

Jumlah pengapalan ponsel Q3 2018.Jumlah pengapalan ponsel Q3 2018. Foto: Counterpoint
(afr/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed