Jumat, 02 Nov 2018 14:29 WIB

Lockscreen iOS 12.1 Bisa Diakali, Kontak iPhone Mudah Disusupi

Kris Fathoni W - detikInet
iPhone XS dan XS Max (Foto: detikINET/Adi Fida Rahman) iPhone XS dan XS Max (Foto: detikINET/Adi Fida Rahman)
Jakarta - Kehadiran iOS 12.1 dimaksudkan untuk menjadi solusi dari sejumlah masalah di iOS 12. Sialnya, lockscreen perangkat iPhone dengan iOS 12.1 rupanya mudah diakali.

Awal pekan ini iOS 12.1 resmi digulirkan Apple, bersamaan dengan peluncuran sejumlah perangkat barunya di Brooklyn Academy of Music, New York. Selain membawa fitur baru, ada pula perbaikan dalam efek beautify dan masalah sinyal di iPhone XS cs.

Akan tetapi, para pengguna iPhone yang sudah memakai iOS 12.1 patut waspada karena bagian kontak pada perangkatnya dengan mudah dapat disusupi oleh orang lain, cuma lewat sebuah panggilan telepon.




Menurut Forbes, yang dikutip detikINET, Jumat (2/11/2018), ada celah pada aspek keamanan penguncian layar pada iOS 12.1 yang membuat Face ID atau Touch ID di iPhone dapat dilewati (bypass) untuk langsung masuk ke informasi kontak.

Forbes merujuk ke peneliti keamanan Jose Rodriguez yang mendemonstrasikan celah itu lewat sambungan telepon ke sebuah iPhone yang dalam keadaan terkunci layarnya. Dengan mudah, penguncian layar dapat diakali sehingga daftar kontak pada perangkat tersebut pun bisa diakses. Adanya 3D Touch turut membuat data-data orang di dalam kontak perangkat itu bisa kelihatan, termasuk nomor telepon, alamat email, dan lainnya.

"Masalah ini spesifik di iOS 12.1 dan tidak ada di versi lain, dan ironisnya varian iPhone kelas atas lebih terdampak karena iPhone XR, iPhone SE, dan iPhone 6 yang lebih lawas tak memiliki 3D Touch," sebut Forbes.

[Gambas:Youtube]




(krs/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed