Rabu, 24 Okt 2018 12:18 WIB

6 Fakta Menarik Si Gahar Xiaomi Black Shark Helo

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ponsel gaming Xiaomi, Black Shark Helo, punya sejumlah fitur gahar di dalamnya. Foto: Xiaomi Ponsel gaming Xiaomi, Black Shark Helo, punya sejumlah fitur gahar di dalamnya. Foto: Xiaomi
Jakarta - Xiaomi baru saja merilis ponsel gaming anyarnya yang bernama Black Shark Helo. Seri kedua dari ponsel gaming besutan vendor asal China tersebut mengusung sejumlah spek gahar demi memenuhi kebutuhan user dalam bermain game.

Sejumlah peningkatan juga dihadirkan di ponsel ini, mulai dari kapasitas RAM hingga aksesoris tambahan yang diberikan. Berikut hal-hal yang patut kamu ketahui soal Black Shark Helo ini:

1. RAM 10 GB

Ini jadi salah satu daya tarik utama dari Black Shark Helo. Memiliki pilihan RAM 10 GB, hal tersebut menjadikannya ponsel pertama yang mengusung spesifikasi tersebut.

Belum lagi dengan keberadaan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 845. Sebagai tambahan, smartphone gaming ini memiliki ROM 256. Smartphone ini menjalankan Android 8.1 Oreo dan Xiaomi MIUI 10.

Walau demikian, Xiaomi juga menyediakan varian RAM 8 GB + ROM 128 GB dan RAM 6 GB + ROM 128 GB. Semua pilihan di atas mengusung prosesor yang sama dan GPU serupa, yaitu Adreno 630. Sekadar informasi, tidak ada slot untuk memori eksternal.


2. Desain

Soal desain, Black Shark Helo tampi berbeda dengan pendahulunya. Bodinya terbuat dari metal, dengan perpaduan material kaca di bagian belakang. Terdapat garis hijau tipis di bagian depan dan belakang bodi.

Seperti Razer Phone 2, ponsel ini punya RGB LED yang bisa gonta-ganti warna. Tidak hanya di bagian logo, Xiaomi turut menyematkan hiasan ini di pinggiran bodi sisi kanan dan kiri.

Berdasarkan keterangan dari situs resmi Xiaomi, terdapat hampir 16,8 warna RGB yang bisa ditampilkan. Dengan kecerdasan buatan di dalamnya, lampu ini bisa berganti menyesuaikan interaksi yang muncul dalam game, misalnya saat situasi pertarungan.

LED warna RGB yang disematkan pada Xiaomi Black Shark Helo.LED warna RGB yang disematkan pada Xiaomi Black Shark Helo. Foto: Xiaomi

Selain itu, penempatan kamera juga berubah. Jika seri perdana memiliki kamera belakang yang berjejer ke samping, di Black Shark Helo ini penempatannya berbaris secara vertikal.

Lokasi pemindai sidik jari juga pindah. Sebelumnya posisinya ada di depan, di tombol home, tapi kini berada di bawah jajaran kamera belakang.

Pindah ke depan, layar Black Shark Helo berukuran 6,01 inch dengan aspek rasio 18:9. Demi memanjakan mata penggunanya, tersemat chip pemrosesan gambar khusus yang bekerja dengan layar AMOLED untuk kualitas HDR superior. Selain itu, terdapat dukungan DCI-P3 dan SRGB untuk warna gamut yang lebih luas.

Untuk dimensi, bobot ponsel ini adalah 190 gram. Ketebalannya berada di angka 8,7 mm. Varian warnanya hanya satu, yaitu hitam.

3. Kamera

Urusan foto, terdapat kamera ganda di bagian belakang. Masing-masing memiliki ukuran 12 MP dan 20 MP, dengan keduanya memiliki bukaan f/1.75. Xiaomi menglaim kamera tersebut dapat mengenali hingga 206 adegan berbeda lewat kehadiran kecerdasan buatan di dalamnya.

Untuk selfie terdapat kamera 20 MP dengan bukaan f/2.2. Menariknya, walau hanya punya satu lensa di depan, ponsel ini disebut bisa mengambil foto dengan efek blur pada backgroud, atau lebih dikenal dengan bokeh, sama halnya seperti kamera belakang miliknya.

Kemudian, ponsel ini juga bisa mengambil rekaman kualitas 4K pada 30 fps. Selain itu, Black Shark Helo pun mampu merekam video slow motion kualitas 1080p pada 120 fps.


4. Performa Gaming

Namanya saja ponsel gaming, tentu tak bisa dilupakan kemampuannya dalam mendukung kebutuhan bermain game penggunanya. Sejumlah fitur dihadirkan untuk memberikan pengalaman yang mengesankan.

Yang pertama ada tombol khusus pada ponsel untuk menggunakan Shark Mode. Ketika aktif, maka tidak akan ada notifikasi pesan maupun panggilan masuk yang muncul. Pembersihan RAM juga dilakukan agar fokusnya hanya tertuju untuk menjalankan game.

Tombol khusus untuk mengaktifkan Shark Mode ada di sebelah kanan ponsel.Tombol khusus untuk mengaktifkan Shark Mode ada di sebelah kanan ponsel. Foto: Xiaomi

Lalu, terdapat Game Studio yang memungkinkan user mengatur fungsi CPU, tingkat sensitivitas sentuhan, kualitas suara, layar, jaringan, dan lainnya. Ada juga Shark Time yang berfungsi untuk merekam kejadian dalam game selama 10 detik.

Selain itu, di dalam bodinya ada dua pipa liquid cooling dengan luas 10.000 mm2. Pipa pendingin ini diklaim dapat mengurangi suhu CPU hingga 12 derajat Celcius dan meningkatkan efisiensi termal hingga 20 kali.

Black Shark Helo juga memiliki speaker stereo yang diklaim kualitas suara lebih nendang dari pendahulunya. Diberikan pula tiga microphone untuk suara percakapan yang lebih jelas saat bermain game. Tidak ketinggalan antena X+1 untuk meningkatkan penerimaan sinyal.

Baterainya juga besar, dengan kapasitas 4.000 mAh. Sebagai tambahan, tersedia dukungan untuk 4G VoLTE, Bluetooth 5.0, dan USB Type C, dan Quick Charge 3.0.

5. Aksesoris

Ini yang menarik dari seri ponsel gaming milik Xiaomi. Mereka menyediakan aksesoris tambahan untuk meningkatkan pengalaman bermain game user.

Berbeda dengan pendahulunya yang hanya menyediakan sebuah mod, kini mereka menghadirkan dua kontroler berbeda untuk di sebelah kanan dan kiri. Hal ini membuatnya sekilas tampak mirip dengan Nintendo Switch.

Namanya pun juga berubah. Jika sebelumnya bernama Shark GamePad, kini kontroler tersebut mengusung nama Black Shark Biplane Handle.

Penampakan Black Shark Biplane Handle saat digunakan.Penampakan Black Shark Biplane Handle saat digunakan. Foto: Xiaomi

6. Harga dan Ketersediaan

Black Shark Helo sudah dijual di China, hanya saja versi tertinggi baru menyapa pada 30 Oktober mendatang. Ada pun tiga varsi yang ditawarkan Xiaomi, sebagai berikut:

- RAM 10 GB + ROM 256 GB dijual 4.199 yuan atau Rp 9,2 juta
- RAM 8 GB + 128 GB dijual 3.499 yuan atau Rp 7,7 juta
- RAM 6 GB + 128 GB dijual 3.199 yuan atau Rp 7,0 juta.

Untuk varian tertinggi, Xiaomi menyematkan dua Black Shark Biplane Handle (kanan dan kiri), Double Slider Protective Case, adapter dari Type C ke jack 3.5 mm, dan lapisan pelindung layar.

Sedangkan pada dua versi lainnya, mereka hanya memberikan Black Shark Biplane Handle di sebelah kiri, Single Slide Protection Case, adapter dari Type C ke jack 3.5 mm, dan lapisan pelindung layar.




Tonton juga 'Gamers! Kenalin Nih Xiaomi Black Shark':

[Gambas:Video 20detik]

(mon/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed