Selasa, 23 Okt 2018 13:10 WIB

Misteri di Balik Penamaan iPhone

Anggoro Suryo Jati - detikInet
iPhone XR. Foto: Apple iPhone XR. Foto: Apple
Jakarta - Satu dari tiga iPhone anyar Apple di 2018 bernama iPhone XR. SVP Marketing Apple Phil Schiller mengonfirmasi kalau huruf R itu tak berarti apa-apa. Namun, pada seri-seri iPhone sebelumnya, huruf S dan R di nama iPhone mempunyai arti khusus.

Meski disebutnya huruf R itu tak punya arti khusus, Schiller mengaku huruf R dan S baginya punya keistimewaan sendiri. Pasalnya ia mengaku sangat menyukai mobil dan benda-benda yang bisa bergerak sangat cepat, dan huruf R ataupun S seringkali digunakan untuk menandai mobil sport yang sangat spesial.

Begitu juga dengan iPhone, saat Apple pertama kali meluncurkan iPhone 3GS, Schiller dengan bangga menyebut huruf S di nama iPhone itu berarti speed alias kecepatan. Hal ini menurutnya karena iPhone 3GS adalah iPhone paling kencang yang pernah mereka buat -- saat itu --.


Namun dua tahun kemudian, saat Apple meluncurkan iPhone 4S, CEO Apple Tim Cook menjelaskan kalau huruf S di nama iPhone itu berarti Siri, asisten digital Apple yang saat itu baru diluncurkan.

Dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (23/10/2018), penamaan itu kemudian berhenti saat iPhone 5S dan 5C meluncur pada 2013, dan juga iPhone 6S. Namun uniknya, kemudian Apple menjelaskan arti huruf SE di iPhone SE, yang menurut Schiller merupakan kependekan dari Special Edition.

Namun kini, dengan tiga iPhone anyar, yaitu XS, XS Max, dan XR, Apple tak lagi memberi arti khusus pada huruf-huruf tersebut. Aneh memang, terutama karena Apple dikenal sebagai perusahaan yang sangat bangga terhadap detil-detil kecil pada produk buatannya, termasuk penamaan.




Tonton juga 'Mengenal Lebih Dalam Prosesor Terbaru iPhone':

[Gambas:Video 20detik]

(asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed