Senin, 22 Okt 2018 14:29 WIB

Teknologi AI Mulai Saingi Daya Tarik Resolusi Kamera Smartphone

Robi Setiawan - detikInet
Tampilan belakang Huawei Nova 3i/ Foto: Moch Prima Fauzi Tampilan belakang Huawei Nova 3i/ Foto: Moch Prima Fauzi
Jakarta - Seiring berkembangnya zaman, perkembangan kamera pada telepon seluler atau smartphone juga mengalami peningkatan signifikan. Produsen smartphone berlomba meluncurkan produk unggulannya dari sisi kamera untuk menunjang beragam tren fotografi yang bermunculan. Salah satunya tren selfie.

Terkait dengan munculnya tren selfie, daya tarik sebuah smartphone bagi penggunanya adalah kualitas kamera depan. Semakin tinggi resolusi piksel dari kamera depan, maka semakin menambah keunggulan dari smartphone tersebut.

Meski begitu, pasar terus bergerak memunculkan inovasi-inovasi lainnya. Setelah para produsen smartphone berlomba meningkatkan besaran resolusi pada kameranya, muncul tren baru yaitu kamera dengan kecerdasan buatan atau disebut dengan artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan.

Adanya tren kamera AI ini sekaligus mendobrak anggapan bahwa semakin besar resolusi pada kamera, semakin bagus pula hasil fotonya. Besarnya resolusi kamera pada smartphone nyatanya kini tidak menjamin foto yang dihasilkan akan bagus pula. Apalagi dalam keadaan-keadaan tertentu yang membuat kamera perlu kemampuan yang lebih dalam memindai objeknya.

Melihat persaingan smartphone yang cenderung mulai ke arah kualitas AI kameranya, salah satu produsen smartphone Huawei meluncurkan produk terbarunya, Nova 3i. Smartphone ini memiliki fitur empat kamera yang tentunya diperkuat teknologi AI.

"Nova 3i adalah produk spesial dari Huawei yang diciptakan bagi pemuda Indonesia yang energetik dan tak takut membawa perubahan. Smartphone ini bukan hanya sekadar pernyataan gaya hidup, tapi menjadi medium bagi para pemuda itu dalam menikmati hiburan, mengeksplorasi, dan mengekspresikan dirinya," kata Deputy Country Director Huawei Device Indonesia, Lo Khing Seng dalam keterangannya, Rabu (3/10/2018).

Nova 3i dilengkapi dengan kamera ganda di depan dengan kombinasi sensor utama 24MP dan sebuah sensor 2MP. Sehingga mampu merekam detail dengan lensa lebar yang memiliki bukaan atau aperture f/2.0. Smartphone ini juga dibekali dengan hardware pendeteksi kedalaman sebuah foto. Saat kedua lensa tersebut bersinergi, terciptalah foto dengan efek bokeh yang otentik.

Nova 3i juga bisa mengenali lebih dari 200 skenario dari delapan kategori, antara lain Blue Sky, Plant dan Beach, dan menerapkan satu set optimalisasi yang unik pada tiap pemotretan sambil melakukan beautification pada objek foto secara terpisah.

Algoritma beautification juga mempertimbangkan bagaimana orang-orang di seluruh dunia mempersepsikan kecantikan dan menerapkan sejumlah penyesuaian terhadap subjek yang dipotret berdasarkan jenis kelamin dan warna kulit.

 Hasil foto menggunakan Huawei Nova 3i (Foto: detikcom) Hasil foto menggunakan Huawei Nova 3i (Foto: detikcom)

Nova 3i juga dilengkapi dengan kamera belakang yang powerful dengan mengkombinasikan sensor utama 16MP dan sensor kedua 2MP. Kombinasi ini dapat memotret foto dan video yang cerah sambil merekam data kedalaman untuk menciptakan efek bokeh profesional.

Hardware pada Nova 3i telah mendukung pratinjau cuplikan HDR secara real-time. Perangkat ini juga mendukung lima pencahayaan berkualitas studio, yaitu pencahayaan lembut, pencahayaan kupu-kupu, pencahayaan panggung, pencahayaan terpisah, dan pencahayaan klasik.

 Hasil foto menggunakan Huawei Nova 3i (Foto: detikcom) Hasil foto menggunakan Huawei Nova 3i (Foto: detikcom)

Kemampuan kamera pada Nova 3i juga bisa memetakan lima fitur wajah subjek foto dan mengembangkan model 3D secara akurat, yang kemudian digunakan untuk mengidentifikasi area yang memerlukan pencahayaan tambahan.

Selain itu, fitur perekaman video gerak super lambat 480fps pada Nova 3i membuat pengguna bisa dengan mudah memperlambat momen-momen yang penuh kecepatan, misalnya aksi parkour atau skateboard. Dengan pembelajaran mesin AI, Nova 3i juga mendukung 3D Qmoji yang akan mengubah wajah pengguna menjadi avatar digital.




Tonton juga 'Kamera Redmi S2 akan Dilengkapi Kecerdasan Buatan':

(ega/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed