Senin, 22 Okt 2018 06:28 WIB

Ponsel Samsung Baru Bisa Cicipi Android Pie Tahun Depan

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Google Foto: Google
Jakarta - Meski sudah dirilis Agustus lalu, pembaruan Android Pie belum menyambangi ponsel Samsung. Beredar kabar kalau update tersebut baru akan hadir tahun depan.

Informasi tersebut diungkap oleh laman XDA Developers bersumber dari postingan aplikasi Samsung+. Dalam postingan tersebut dibeberkan sejumlah fitur baru yang akan hadir serta mengungkap bawah update Android 9 akan hadir mulai awal tahun ini. Kemungkinan Galaxy S9 dan S8 akan menjadi perangkat pertama yang mencicipi Android Pie.


Dikutip dari Indian Express, Senin (22/10/2018), adapun fitur baru yang diungkap aplikasi Samsung+ meliputi 'Adaptive Battery' dan 'App Slices'. Kedua fitur tersebut memang jadi andalan Android Pie.

Dengan fitur Adaptive Battery, ponsel dapat melakukan pengaturan baterai disesuaikan dengan kebiasaan penggunanya. Google memanfaakan machine learning untuk menjalanlan fitur ini. Sementara App Slices memungkinkan user lebih gampang memakai aplikasi yang dibutuhkan tanpa harus mengakses.

Selain kedua fitur di atas, Google turut menghadirkan beberapa fitur baru lainnya yang tidak kalah menarik. Pertama, ada sistem navigasi baru. Sebelumnya pada Android kita menemukan tiga tombol di bagian bawah, yakni Home, Back dan Multitasking. Di Android Pie hanya ada satu tombol untuk pengoperasiannya.

Lalu ada adaptive brightness yang menyesuaikan setting layar sesuai kebiasaan penggunanya. Android 9 juga membantu pengguna menyelesaikan berbagai hal lebih cepat dengan App Actions. Memprediksi apa yang ingin pengguna lakukan selanjutnya berdasarkan kebiasaan.


Kemampuan anyar lainnya bernama Android Pie juga berusaha mengatasi kecanduan orang pada smartphone dengan fitur dashboard Digital Welbeing yang menunjukkan seberapa lama pengguna mengakses ponsel dan aplikasi apa yang paling banyak dilihat.

Pengguna bisa membatasi waktu memakai aplikasi dengan App Timer. Tak ingin diganggu notifikasi, cukup balikkan ponsel dengan layar ke bawah dan otomatis langsung silent.

Selain itu ada Wind Down, yang mengaktifkan Night Light dan Do Not Disturb, kemudian memudarkan layar menjadi grayscale sebelum tidur.




Tonton juga 'Samsung Galaxy Note 9 Pamer Kualitas Suara 'Nendang':

[Gambas:Video 20detik]

(rns/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed