Rabu, 17 Okt 2018 12:51 WIB

Laporan dari London

Huawei Bikin Standar Kartu Memori Anyar Pengganti MicroSD

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Di ponsel barunya, Huawei memakai standar anyar untuk ukuran kartu memori (Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET) Di ponsel barunya, Huawei memakai standar anyar untuk ukuran kartu memori (Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET)
London - Bersama dengan jajaran ponsel Mate 20 anyarnya Huawei juga memperkenalkan sebuah standar kartu memori baru yang diberi nama Nano Memory (NM) yang menggantikan kartu microSD di ponsel anyarnya itu.

Kartu NM mempunyai bentuk dan ukuran yang sama dengan kartu SIM Nano, atau 45% lebih kecil ketimbang kartu microSD. NM Card hadir dengan kapasitas terkecil 256GB dan kecepatan transfer 90 MB/s.




Di Mate 20 dan Mate 20 Pro, NM Card akan berbagai tempat dengan dua slot kartu SIM yang ada. Pengguna harus memilih antara menggunakan dua kartu SIM atau 1 kartu SIM dan 1 NM Card.

Untuk saat ini, NM Card sepertinya masih eksklusif untuk Huawei, baik dalam hal ponsel yang mendukung ataupun pembuat kartunya. Langkah Huawei ini bisa dibilang mirip dengan yang dilakukan Sony beberapa tahun lalu dengan Memory Stick, yaitu menciptakan standar kartu memori sendiri yang hanya dipakai di ponsel-ponsel buatannya.




Mungkin ke depannya akan ada perusahaan lain yang ikut menerapkan standar kartu memori baru ini. Terutama karena semakin banyak pembuat ponsel yang ikut membuat ponsel dual SIM untuk menarik konsumen -- contohnya iPhone dual SIM yang khusus dirilis di China.

Sayangnya untuk saat ini Huawei belum mengungkap beberapa informasi mendasar mengenai NM Card, seperti harga dan ketersediaan.





Tonton juga 'Huawei Berikan Pelatihan TIK kepada Mahasiswa Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]

(asj/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed