Sabtu, 13 Okt 2018 15:09 WIB

Belum Sebulan, iOS 12 Sudah Dipakai 50% Perangkat Apple

Virgina Maulita Putri - detikInet
Ilustrasi sistem operasi iOS yang ada di perangkat Apple (Foto: Apple) Ilustrasi sistem operasi iOS yang ada di perangkat Apple (Foto: Apple)
Jakarta - Kurang dari sebulan setelah diluncurkan, sistem operasi iOS 12 sudah dipakai oleh 50% perangkat mobile Apple termasuk iPhone dan iPad.

Informasi tersebut dilaporkan oleh The Verge. Disebutkan pula bahwa ini merupakan pencapaian baru bagi Apple karena iOS 12 hanya membutuhkan 23 hari untuk mencapai 50% adopsi. Pendahulunya, iOS 11, butuh waktu 48 hari untuk mencapai 52% adopsi.




Apple juga mencatat tingkat adopsi yang lebih tinggi untuk perangkat mobile yang diperkenalkan Apple dalam empat tahun terakhir, yakni mencapai 53%.

Data yang sama menyebut bahwa angka ini juga menunjukkan jarak yang jauh dibandingkan dengan kompetitor utama iOS 12, Android Oreo. Sistem operasi besutan Google tersebut baru mencapai level adopsi 19,2% padahal sudah tersedia dari akhir Agustus 2017.




Hal ini boleh jadi dikarenakan Android digunakan oleh berbagai vendor dan partner, yang biasanya melakukan modifikasi tertentu dari versi-versi sistem operasi tersebut sebelum merilisnya ke perangkat masing-masing.

iOS 12 diperkenalkan pada 17 September 2018, bersamaan dengan dirilisnya iPhone XS dan XS Max. Kelahiran iOS 12 sempat dibarengi munculnya keluhan seperti gangguan sinyal dan sulitnya mengisi ulang baterai, tapi Apple sudah merespons lewat update iOS 12.0.1.


(krs/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed