Kumpulan Keluhan Pengguna iPhone XS

Kumpulan Keluhan Pengguna iPhone XS

Kris Fathoni W - detikInet
Rabu, 03 Okt 2018 19:03 WIB
Pengguna iPhone XS dan XS Max sudah mengeluhkan beberapa hal (Foto: Tatyana Makeyeva/Reuters)
Jakarta - Datangnya iPhone XS dan XS Max disambut penggemar Apple yang memang sudah menunggu-nunggu smartphone baru itu. Tapi sudah muncul pula beberapa keluhan.

Dua dari tiga iPhone baru itu, dengan iPhone XR menyusul, sudah berada di tangan konsumen selama kurang dari dua pekan. Ada sistem operasi anyar iOS 12 yang menyertai kemunculan iPhone XS dan iPhone XS Max.

Sehubungan dengan itu, ada beberapa keluhan dari pengguna terhadap iPhone barunya. Ada pula yang kabarnya akan segera terobati seiring dengan rencana update software dari Apple. Berikut kumpulan keluhan dari para pengguna iPhone XS dan XS Max:

1. Sulit isi ulang baterai

Sejumlah pengguna iPhone XS dan XS Max sudah mengeluhkan masalah pada saat hendak mengisi ulang baterai pada ponsel barunya. Forum-forum internet pun jadi tempat curhat mereka.




Seorang YouTuber dibalik kanal tekno populer, Lewis Hilsenteger, pun sempat menguji langsung klaim tersebut dengan melakukan pengisian ulang delapan iPhone baru. Ia menggunakan charger standar bawaan dari Apple.

Hasilnya hanya dua (satu iPhone XS dan satu iPhone XS Max) yang tak ada masalah. Lima iPhone lain (dua iPhone XS dan tiga iPhone XS Max) tidak mau diisi dayanya hingga layarnya dinyalakan. Sedangkan satu iPhone XS Max tidak mau mengisi daya sama sekali.




Chargergate, demikian sejumlah media menamai masalah ini. Tapi obat dari masalah tersebut kabarnya sudah di depan mata seiring dengan rencana Apple merilis iOS 12.1.


2. Masalah sinyal

Keluhan terhadap sinyal ini sudah dimunculkan sejumlah pengguna iPhone XS beberapa hari usai dipasarkan. iPhone baru mereka susah menerima sinyal LTE maupun WiFi, juga lambat dalam soal loading halaman web.




Beberapa pengguna juga membandingkan kecepatan dan konektivitas iPhone XS dengan iPhone edisi lama. iPhone XS tampak sulit menampilkan sinyal seluler. Hal ini tetap terjadi meski sudah berganti operator.




Menurut Gizmodo, masalah ini terindikasi sebagai bug ketika perangkat iPhone baru tersebut berganti-ganti frekuensi dari 2.4GHz dan 5GHz. Hal ini pun dinyatakan bisa saja terobati dengan update iOS.


3. Hasil foto tak natural

Sejumlah pemilik baru iPhone XS juga mengeluhkan hasil foto yang tidak natural. Ada dugaan efek beautify yang digunakan iPhone baru terlalu berlebihan, khususnya saat menggunakan kamera depan.

Akibat hal tersebut wajah si pengguna menjadi tak realistis, seperti terlalu halus, ketika selfie menggunakan ponsel anyarnya itu. Hasil zoom terhadap foto yang diambil iPhone XS pun terlihat sangat soft.

Pun demikian, seperti dikutip dari Gizmodo, hal itu bukanlah karena ada masalah pada kamera iPhone XS. Hal itu dikarenakan fitur Smart HDR pada iPhone baru.




"Tak suka? Kabar baik, ada bukti yang mengindikasikan bahwa mematikan Smart HDR di pengaturan kamera bisa mengurangi efek terlalu halus. Opsi lain? Jangan terlalu nge-zoom pada bagian kulit," sebut Gizmodo.



(krs/asj)