Rabu, 03 Okt 2018 13:11 WIB

Microsoft Surface Studio 2 Jadi Perangkat Surface Paling Kencang

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Microsoft Surface Studio 2 menjadi perangkat Surface paling kencang (Foto: Dok. Microsoft) Microsoft Surface Studio 2 menjadi perangkat Surface paling kencang (Foto: Dok. Microsoft)
Jakarta - Surface Studio pertama diluncurkan dua tahun lalu dalam sebuah acara di New York City, Amerika Serikat. Kini Microsoft memamerkan penerusnya di kota yang sama.

Surface Studio 2 mempunyai dimensi layar yang sama dengan pendahulunya, yaitu 28 inch. Namun Microsoft melakukan sejumlah modifikasi pada layarnya dan meningkatkan spesifikasinya, yang membuat Surface Studio 2 menjadi Surface tercepat yang pernah ada.

Layar baru ini 38% lebih terang ketimbang pendahulunya, juga kontras yang 22% lebih besar. Jumlah pixel pada layarnya adalah 13,5 juta pixel, dengan mendukung 4.096 tingkat sensitivitas tekanan menggunakan Surface Pen.

Lalu dari segi spesifikasi, kinerja grafisnya diklaim 50% lebih tinggi, yang bisa dicapai dengan penggunaan chip Nvidia dengan arsitektur Pascal. Hal ini membuat Surface Studio 2 lebih kuat ketika dipakai merender video atau bahkan bermain game.

Microsoft Surface Studio 2 Jadi Perangkat Surface Paling KencangFoto: Dok. Microsoft

Sama seperti pendahulunya, Surface Studio 2 juga bisa terkoneksi dengan kontroler Xbox One, dan tetap mendukung penggunaan Surface Dial, tombol putar khas bikinan Microsoft yang berguna untuk berbagai hal saat mengedit foto, animasi, video dan lainnya.

Perubahan juga dilakukan dari sisi storage, kini Microsoft menggunakan storage SSD 2 TB, bukan lagi hybrid drive yang lebih lambat. Namun sayangnya Microsoft masih menggunakan prosesor Intel Core i7 generasi ke-7, bukan 8.

Tanggal peluncuran Surface Studio 2 belum diungkap, Microsoft hanya menyebutkan dalam waktu dekat, bersamaan dengan peluncuran Surface Headphone. Harga Surface Studio 2 yang paling murah dengan prosesor Core i7 dan RAM 16 GB adalah USD 3.499.




Surface Headphone

Salah satu kejutan lain Microsoft dalam acara peluncuran jajaran perangkat Surface adalah Surface Headphone. Ya, Microsoft meluncurkan sebuah headphone wireless noise cancelling dalam acara tersebut.

Berbeda dengan perangkat-perangkat lain yang hadir dalam warna hitam, Surface Headphone ini hanya tersedia dalam pilihan warna abu-abu, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (3/10/2018).

Microsoft Surface Studio 2 Jadi Perangkat Surface Paling KencangFoto: Dok. Microsoft

Surface Headphone adalah headphone over the ear yang menawarkan suara berkualitas premium dan noise cancellation yang bisa diatur. Penggunanya bisa mengatur seberapa banyak suara dari luar headphone yang ingin mereka dengar.

Pengaturan noise cancellation ini bisa dilakukan dengan memutar earcup bagian kiri, sementara earcup bisa diputar untuk mengatur volume. Headphone ini juga mendukung perintah suara 'Hey Cortana', dan otomatis menghentikan lagu ketika headphone ini dilepas.

Headphone seharga USD 350 ini disebut sudah dikembangkan selama 3 tahun ke belakang, dan akan langsung berhadapan dengan headphone bikinan Bose dan Sony, yang selama ini menjadi penguasa headphone wireless noise cancelling.


(asj/krs)