Begini Kelanjutan Bisnis Smartphone Lenovo di Indonesia

Begini Kelanjutan Bisnis Smartphone Lenovo di Indonesia

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Selasa, 02 Okt 2018 19:25 WIB
Seiring dengan diluncurkannya K9, bagaimana kelanjutan bisnis smartphone Lenovo di Indonesia? (Foto: Imron Rosyadi/detikinet)
Jakarta - Lenovo baru saja meluncurkan ponsel baru, walaupun lahirnya smartphone itu dibidani pihak lain. Bagaimana kelanjutan bisnis smartphone Lenovo di Indonesia?

Lewat kemunculan K9, sebuah ponsel dengan empat kamera, Lenovo resmi kembali meramaikan persaingan di pasar smartphone Tanah Air. Tapi sejatinya K9 tidak lahir lewat tangan Lenovo.

Adalah InOne Smart Technology, atau kerap disebut Inone, yang bertanggung jawab di balik pembuatan Lenovo K9. Bahkan dalam acara peluncuran K9 di Jakarta, Selasa (2/10/2018), tak ditemui satu pun orang dari manajemen Lenovo.



Hal ini sekaligus membuatnya seakan ikuti jejak dari nama-nama besar seperti Nokia dan BlackBerry. Sebagaimana diketahui, ponsel yang mengatasnamakan dua brand tersebut masing-masing digarap oleh HMD Global serta TCL.

Membahas lebih jauh perihal InOne, ini merupakan perusahaan yang juga berasal dari Negeri Tirai Bambu seperti halnya Lenovo. Di Indonesia, Lenovo juga bukan satu-satunya brand ponsel garapan InOne.

Sebelum ini InOne sudah lebih dulu berkecimpung di industri smartphone dalam negeri lewat merk Lava. Bedanya, brand tersebut merupakan unit bisnisnya sendiri, yang sudah berjalan 3-4 tahun di Indonesia. Beda dengan Lenovo yang berposisi sebagai mitra.
Lenovo K9 merupakan seri ponsel Lenovo perdana yang digarap InOne. Di masa depan, ponsel-ponsel Lenovo besutan InOne pun akan terus meramaikan pasar smartphone Indonesia.

Menurut Digital & Marcomm Manager Inone Smart Technology Evan Angganantika, pihaknya akan membawa 6-7 smartphone dengan brand Lenovo Indonesia hingga Kuartal II 2019 mendatang. Dia juga menyebut kisaran harga ponsel-ponsel Lenovo yang masuk ke Tanah Air dalam periode tersebut akan berada di kisaran Rp 3 juta hingga Rp 5 juta. Beberapa di antaranya juga ada yang berstatus flagship.

Begini Kelanjutan Bisnis Smartphone Lenovo di IndonesiaAcara peluncuran Lenovo K9 (Foto: Ari Saputra)


Selain itu ia pun mengatakan bahwa Lenovo sudah menonaktifkan bisnis ponselnya di luar China, termasuk Indonesia. Hal itu membuat seluruh operasional unit bisnis ponsel Lenovo dipegang penuh InOne -- mulai dari produksi, desain, hingga distribusi di 24 negara tempat InOne berkecimpung.

Di Indonesia, mereka sudah memiliki pabrik di Cikarang yang digunakan untuk memproduksi ponsel-ponsel Lava serta Lenovo K9. Kata Evan, kapasitas produksi pabrik itu mencapai 20 ribu unit per bulan untuk smartphone merk Lenovo dan 10 ribu untuk smartphone merk Lava.


(mon/krs)