Jumat, 21 Sep 2018 19:00 WIB

Ada Algoritma di Balik Bokeh iPhone XR

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ada algoritma di balik bokeh iPhone XR. (Foto: Getty Images) Ada algoritma di balik bokeh iPhone XR. (Foto: Getty Images)
FOKUS BERITA Kelahiran iPhone Baru
Jakarta - Berbeda dengan iPhone XS dan XS Max yang punya dua kamera belakang, iPhone XR hanya mempunyai satu kamera belakang. Namun satu kamera itu tetap bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh.

Agar bisa menghasilkan efek bokeh dengan satu kamera, Apple ternyata hanya mengandalkan sebuah algoritma. Hal ini diketahui dari seorang jurnalis bernama Lance Ulanoff yang berbicara dengan sejumlah eksekutif Apple mengenai kamera di iPhone XR.




Salah satu eksekutif yang angkat bicara soal hal ini adalah Graham Townsend, Senior Director Camera Hardware Apple yang mengkonfirmasi penggunaan algoritma di iPhone XR agar bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh seperti iPhone XS dan XS Max.

Uniknya, Apple juga mengklaim kalau hanya mereka yang menggunakan algoritma di sistem kameranya untuk bisa menghasilkan efek ini, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Jumat (21/9/2018).




"Kami mengubah model dari lensa menjadi matematika dan menerapkannya ke dalam gambar. Tak ada lagi yang melakukan hal serupa. Yang lainnya hanya melakukan 'blur background'," ujar VP Software Camera, Photos & Security Apple Sebastien Marineau-Mes.

Seperti diketahui, sebelumnya Google pun menggunakan algoritma untuk menghasilkan efek bokeh menggunakan satu kamera, dan itu sudah diterapkan Google di kamera Pixel 2 dan Pixel 2 XL yang diluncurkan pada akhir 2017 lalu, dan jelas, bukan Apple yang pertama melakukan hal semacam ini.

Namun memang belum bisa diketahui bagaimana hasil jepretan kamera dengan efek bokeh yang dihasilkan oleh iPhone XR, dan bagaimana juga jika dibandingkan dengan Pixel 2. Pasalnya, iPhone XR baru akan dijual pada Oktober mendatang.

Tonton Juga: 'Unboxing iPhone XS Max'

[Gambas:Video 20detik]

(asj/krs)
FOKUS BERITA Kelahiran iPhone Baru

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed