Jumat, 14 Sep 2018 20:07 WIB

Kenapa sih iPhone Baru Dinamakan XS, XS Max, dan XR?

Rachmatunnisa - detikInet
iPhone XS dan iPhone XS Max, dua di antara trio iPhone baru (Foto: Stephen Lam/Reuters) iPhone XS dan iPhone XS Max, dua di antara trio iPhone baru (Foto: Stephen Lam/Reuters)
FOKUS BERITA Kelahiran iPhone Baru
Jakarta - Penggemar gadget belum juga terbiasa dengan pengucapan iPhone X, kini hadir iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR yang cara menyebut namanya tak kalah unik sekaligus membingungkan.

Seperti diketahui, sejak kemunculan iPhone X, terbagi dua kubu mengenai cara pengucapan handset tersebut. Ada yang menyebutnya iPhone ex, ada yang membacanya sebagai iPhone ten.



Mana yang benar? Jika merujuk pada presentasi jajaran eksekutif Apple, pengucapan yang benar adalah iPhone ten alias 10. Kini, dengan kemunculan penerusnya yakni iPhone XS, XS Max dan XR, pengucapannya bisa jadi lebih repot.

"Karena banyak yang menyebutnya sebagai iPhone ex, bukan ten. Dan XS ini berarti 10.5 kalau pakai angka," komentar pengamat gadget Lucky Sebastian, saat berbincang dengan detikINET, Jumat (14/9/2018).

Menurut Lucky, penamaan unik menggunakan angka Romawi ini memang kurang umum di sebagian kalangan. Jadi wajar jika banyak orang yang salah menyebutnya.

"Apalagi di kita. Angka romawi lebih banyak digunakan untuk penamaan jalan. Misalnya jalan manggis II, manggis III dan seterusnya, jadi kurang ngetop hahaha," canda Lucky.

Pentolan milis gadget reviewer Gadtorade ini kemudian tertarik menerka di balik penamaan iPhone XR. Kenapa dipilih R, menurutnya kemungkinan alasannya sederhana saja, agar sesuai abjad.

"Kenapa dipilih R? Singkatan apa R? Kemungkinan jawabannya simple, sesuai abjad huruf, P, Q, R, S. Jadi iPhone R itu iPhone yang lebih bawah sedikit dari S. Menarik ya, perusahaan teknologi maju seperti Apple ini banyak teka-teki," ujarnya.

Meski penamaan iPhone terbaru dinilai sebagian kalangan ribet dan tidak familiar, menurut Lucky hal ini tidak akan berpengaruh pada popularitas produk itu sendiri.

Menurutnya, ada dua hal penting yang harus ada di smartphone flagship. Pertama, kepercayaan terhadap produk, kedua adalah nama besar vendornya. Dan Apple, sukses menancapkan dua hal tersebut.



Jadi, hal-hal seperti penamaan ribet tidak akan dianggap. Dikatakan Lucky, tetap saja gadget yang dirilis Apple akan populer.

"Tidak pengaruh, malah nanti nama yang digunakan Apple untuk iPhone akan ditiru penamaannya oleh brand smartphone lain," prediksinya. (rns/krs)
FOKUS BERITA Kelahiran iPhone Baru

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed