Jumat, 14 Sep 2018 18:29 WIB

Nyaman nge-Game, Huawei Nova 3i Punya ROM Lapang dan RAM Besar

Rizki Ati Hulwa - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Bagi kaum urban, mereka saat ini membutuhkan memori yang memiliki peranan penting untuk menyimpan banyaknya data maupun aplikasi penunjang kehidupan penggunanya. Huawei Nova 3i mampu menawarkan hal tersebut.

Hal itu tidak lepas dari lapangnya ROM (atau biasa disebut dengan kapasitas penyimpanan) dari Huawei Nova 3i, yakni 128 GB. Read Only Memory atau ROM ini berguna untuk menyimpan data seperti foto, video, musik, dan aplikasi yang bisa simpan di smartphone.

ROM ini juga mempengaruhi kecepatan smartphone setelah penggunaan yang lama. ROM 128 GB Huawei Nova 3i yang besar ini berguna juga untuk para gamers, seperti PUBG menyita memori sebesar 1,64GB serta Mobile Legends: Bang Bang juga membutuhkan memori sebesar 1GB.

Selain itu, Huawei Nova 3i bukan cuma punya memori lapang. Agar nge-game makin nyaman, ada pula RAM 4GB yang akan mempengaruhi kecepatan operasi dan kelancaran menjalankan berbagai aplikasi pada waktu bersamaan.




Contohnya saja, saat membuka aplikasi atau game, data instan akan langsung tersimpan ke Random Access Memory atau RAM. Berkat RAM, lebih dari satu aplikasi bisa dijalankan pada waktu bersamaan, bahkan saat berpindah-pindah aplikasi pun proses instan itu tidak akan hilang.

Menurut Head of Product di Piriform Vishal Kara, jangan samakan kapasitas ROM dan RAM. Karena dia berpendapat tak ada soal salah atau benar tentang seberapa besar RAM yang dibutuhkan sebuah smartphone walaupun RAM berperan penting dalam melancarkan pengalaman saat menggunakan smartphone.

"Smartphone tak seperti PC, di mana penundaan pemuatan aplikasi selama beberapa detik masih bisa diterima. Kalau di smartphone, kita berharap aplikasi apapun bisa dimuat secara instan meskipun kita sedang bepergian," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/09/2018).

Sedangkan menurut pakar yang lain dari Geekbench 4 John Poole, RAM 4GB sebetulnya cukup untuk penggunaan harian.




"Berdasarkan kebiasaan pengguna, orang normalnya hanya menggunakan 9 aplikasi per hari dan hampir 30 aplikasi selama sebulan. Meski begitu, yang dibutuhkan sebetulnya hanya 2,3GB per hari untuk mengoperasikan 47 aplikasi untuk sebuah smartphone yang memiliki RAM sebesar 4GB. Jadi, tak perlu RAM yang terlalu besar sebab tak perlu adanya tambahan RAM," kata dia.

Selain ROM dan RAM yang apik di sisi teknis, Huawei Nova 3i juga punya penampilan keren yang bisa bikin kamu makin pede nge-game bareng teman-teman. Huawei Nova 3i memiliki warna gradasi yang dijagokan untuk memikat pelanggan.


(mul/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed