Kamis, 13 Sep 2018 01:10 WIB

Apple Rilis Dua iPhone Anyar, XS dan XS Max

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Apple rilis dua iPhone anyar, XS dan XS Max. Foto: Screenshot Apple rilis dua iPhone anyar, XS dan XS Max. Foto: Screenshot
FOKUS BERITA Kelahiran iPhone Baru
Jakarta - Apple akhirnya merilis dua iPhone terbaru, yaitu iPhone XS dan iPhone XS Max, yang merupakan penerus dari iPhone X.

Perbedaan iPhone baru ini dengan pendahulunya salah satunya adalah ukuran layar, di mana iPhone XS punya layar 5,8 inch dan iPhone XS Max punya layar 6,5 inch. Layar iPhone XS Max ini bahkan lebih besar ketimbang Galaxy Note 9 yang layarnya 6,4 inch.

Meski layarnya besar, ukuran bodi iPhone XS Max hanya sedikit lebih besar ketimbang iPhone 8 Plus, sementara iPhone XS yang layarnya hanya 5,8 inch bodinya lebih kecil ketimbang iPhone 8 Plus. Karena rasio layar yang berbeda, perbedaan ukuran bodi kedua iPhone anyar ini kebanyakan berasal dari tingginya, bukan lebar ponsel.


Selain ukuran layar, seperti kebanyakan iPhone seri 'S' sebelumnya, perubahan utama terletak pada spesifikasinya. Antara lain adalah layar yang punya dynamic range lebih besar, speaker stereo, dan peningkatan kecepatan pada Face ID, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (13/9/2018).

Lalu ada juga prosesor A12 Bionic, yaitu sebuah prosesor 6 core yang dibuat menggunakan proses pabrikasi 7nm. CEO Apple Tim Cook menyebut dua ponsel ini sebagai iPhone paling canggih yang pernah dibuat oleh Apple.

Kamera pun jadi sektor yang mendapat peningkatan, dan diklaim mempunyai sistem kamera baru. Keduanya masih menggunakan dua kamera belakang seperti di iPhone X, yaitu kamera dengan lensa lebar dan lensa tele, yang keduanya menggunakan sensor 12 megapixel lengkap dengan optical image stabilization.

Namun kini kamera dengan lensa lebarnya menggunakan sensor anyar dengan pixel lebih besar, sementara kamera dengan lensa telenya mempunyai bukaan yang lebih besar. Ini artinya kedua kamera tersebut akan punya performa lebih tinggi pada kondisi kurang cahaya.

Kamera depannya pun disebut punya kinerja lebih baik dan lebih kencang, namun angka bukaan dan megapixelnya tak mengalami perubahan dibanding iPhone X. Namun secara keseluruhan, peningkatan kinerja kamera iPhone baru ini adalah sebuah fitur bernama Smart HDR.

Fitur ini serupa dengan yang dilakukan Google pada kamera di lini ponsel Pixelnya. Yaitu mengambil banyak foto sekaligus dan menjahitnya menjadi sebuah foto dengan kualitas yang lebih tinggi.

Lalu Apple pun menambahkan fitur yang sebelumnya belum pernah ada pada iPhone, yaitu dukungan dua kartu SIM yang terdiri dari sebuah kartu SIM fisik, dan sebuah e-SIM. Kedua SIM ini bisa aktif secara bersamaan, termasuk koneksi datanya.

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui spesifikasi iPhone XS dan iPhone XS Max di sini:
(asj/asj)
FOKUS BERITA Kelahiran iPhone Baru

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed