Minggu, 02 Sep 2018 09:16 WIB

IFA 2018

Motorola Rilis Duo Ponsel Android One

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Motorola
Jakarta - Ajang IFA 2018 di Berlin, Jerman dipakai Motorola untuk meluncurkan dua ponsel barunya, yaitu Motorola One dan One Power, keduanya adalah perangkat Android kelas menengah.

Baik One dan One Power adalah bagian dari inisiatif Android One, di mana pengguna ponsel dari inisiatif ini akan mendapatkan pengalaman Android vanilla dan pembaruan keamanan rutin selama tiga tahun serta pembaruan OS besar rutin selama dua tahun.

Keduanya dikapalkan dengan Android 8.1 dan Motorola memastikan dua ponsel ini akan diperbarui ke Android 9.0 Pie, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Minggu (2/9/2018).

Motorola One adalah ponsel dengan layar 5,9 inch HD dengan rasio 19:9, menggunakan Snapdragon 625 dan baterai 3000 mAh. Bagian depan dan belakangnya dilapisi Gorilla Glass, dan Motorola akan merilis ponsel ini di Eropa, Amerika Latin, dan Asia pada Oktober mendatang dengan harga USD 350.

Sementara Motorola One Power punya bodi belakang berbahan metal, dan layar 6,2 inch FullHD+. Prosesor yang dipakai adalah Snapdragon 636 dengan baterai 5000 mAh, dan diklaim bisa bisa dipakai nonstop selama 2 hari tanpa perlu mengisi ulang baterai.

Motorola One ini sebelumnya dirilis di China dengan nama P30, namun kini dengan sejumlah perubahan. Ketika pertama dirilis, P30 dikritik karena mempunyai banyak kemiripan dengan iPhone X, seperti bodi kaca dan lensa belakang yang tersusun secara vertikal.

Namun Motorola mengubahnya di One dan One Power. Motorola One misalnya, menggunakan layar lebih kecil, dan dua kamera belakangnya meski tersusun secara vertikal namun dipisahkan oleh flash pada bagian tengahnya. Sementara One Power jelas tak mirip iPhone X karena mempunyai bodi belakang berbahan metal. (asj/asj)