Rabu, 29 Agu 2018 12:55 WIB

AMD Alihkan Produksi CPU dan GPU Anyar

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi AMD. Foto: Dok. AMD Ilustrasi AMD. Foto: Dok. AMD
Jakarta - AMD, yang tadinya mengandalkan GlobalFoundries untuk memproduksi CPU dan GPU-nya kini akan mengalihkan pesanan chipnya ke Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC).

Keputusan AMD untuk mengalihkan kontrak pembuatan chipnya itu karena mereka akan menggunakan teknologi pabrikasi 7nm pada CPU dan GPU generasi terbarunya. Dan TSMC sudah siap mengerjakan chip dengan pabrikasi tersebut.

Sementara GlobalFoundries sendiri sebenarnya dijadwalkan akan memproduksi sampel chip 7nm pertamanya pada Q4 2018 ini. Namun mereka baru-baru ini mengumumkan kalau mereka tengah menghentikan semua pengembangan di proyek teknologi pabrikasi 7nm.

Teknologi 7nm sebenarnya sudah digarap oleh GlobalFoundries sejak beberapa waktu yang lalu. Namun keputusan mereka untuk menghentikan pengembangan tersebut diambil terkait masalah bisnis dan finansial.


AMD juga sudah mulai mengerjakan chip berbasis 7nm dengan TSMC, salah satunya adalah GPU 7nm pertamanya yang akan diluncurkan pada 2018 ini. Sementara untuk CPU 7nm bikinan AMD dijadwalkan akan meluncur pada 2019.

Sementara untuk chip dengan teknologi pabrikasi 14nm dan 12m milik AMD masih akan digarap oleh GlobalFoundries, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Rabu (29/8/2018). (asj/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed