Jumat, 24 Agu 2018 06:07 WIB

Harga Oppo F9 di Indonesia Lebih Murah dari Negara Tetangga

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Sering kali harga ponsel di Indonesia lebih mahal dari tetangga. Tapi berbeda dengan Oppo F9, ponsel ini malah lebih murah di Tanah Air.

Di Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara terakhir yang merilis Oppo F9. Filipina menjadi negara pertama yang meluncurkan F9 diikuti Vietnam, Thailand dan Malaysia.

Nah di Filipina, Oppo F9 dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB dibanderol 17.999 peso atau sekitar Rp 4,9 juta. Di Thailand, varian tersebut dilepas 10.990 bath atau sekitar Rp 4,8 juta.



Beralih ke Vietnam, Oppo menjual F9 seharga 7,990 juta dong atau sekitar Rp 4,8 juta. Sementara di Malaysia, F9 dilepas seharga 1.399 ringgit atau Rp 4,9 juta.

Mengejutkannya di Indonesia, F9 dibanderol seharga Rp 4,299 juta. Terpaut Rp 600-700 ribu di banding empat negara tadi. Bagaimana Oppo bisa membanderol lebih murah di sini?

detikINET pun bertanya pada vendor asal China itu. PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto menjawab semua karena pihaknya punya pabrik di sini.

"Kami punya pabrik sendiri di Indonesia, dan jadi itu yang menyebabkan, salah satunya faktor, kenapa bisa lebih murah dengan negara lain. Sementara negara lain harus impor dari China, sementara produk kami di sini semua (pembuatannya)," jawab Aryo.



Bicara soal Oppo F9 sendiri, ponsel ini hadir dengan layar 6,3 inch dengan resolusi Full HD+. Punya notch seperti tetesan air membuat rasio screen to body mencapai 90,8%.

Oppo mentenagai ponsel barunya dengan Helio P60 berkecepatan 2,0 GHz. Ada dua pilihan RAM, yakni 4 GB dan 6 GB. Memori internalnya 64 GB, bila kurang tersedia slot microSD.

Sektor kamera masih menjadi yang diunggulkan ponsel ini. Hadir dengan kamera belakang ganda. Kamera utamanya berukuran 16 MP, sementara kamera kedua berukuran 2 MP. Keduanya memiliki aperture f/1,85.



Beralih ke bagian depan, terpasang kamera berukuran 25 MP dengan aperture f/2,0. Oppo menyematkan sensor HDR di dalamnya untuk menangkap wajah yang alami dalam kondisi pencahayaan terang maupun redup.

Keunggulan lain ada di sektor baterainya.Oppo membenamkan baterai berkapasitas 3.500 mAh. Dilengkapi teknologi pengisian cepat VOOC yang menjanjikan kemampuan isi ulang daya 5 menit untuk telepon 2 jam.

Oppo F9 akan menjalankan ColorOS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo. Tersedia dukungan dual SIM, 4G VoLTE, WiFi, Bluetooth 4.2, microUSB, USB OTG, jack audio 3,5 mm dan sensor sidik jari.

(afr/afr)
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed