HP Envy x360: Mewah, Kokoh, dan Bertenaga

HP Envy x360: Mewah, Kokoh, dan Bertenaga

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 13 Agu 2018 20:34 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Paduan desain yang mewah dan performa tinggi sejatinya sudah jadi standar yang wajib ditawarkan laptop di kelas premium. Tapi kalau kedua hal tersebut dibawa ke level selanjutnya, mungkin jawabannya ada pada perangkat terbaru dari Hewlett-Packard (HP).

Laptop ini dinamai sebagai Envy x360. Sesuai namanya, pengguna dipastikan akan merasakan kenyamanan yang lebih ketika memakainya. Sebab bisa dibilang HP berhasil memberikan paduan terbaik antara desain elegan dan keringkasan.

Tak cuma itu, menonjolkan penggunaan prosesor AMD Ryzen 7, Envy x360 juga menjanjikan performa yang tak perlu diragukan lagi demi kepuasan pengguna.

Untuk membuktikannya, detikINET mendapat kesempatan melakukan review pada laptop mewah nan ringkas ini. Seperti apa impresinya? Simak ulasannya berikut.

Desain mewah berpadu ringkas

HP Envy x360 akan membuat siapa pun yang melihatnya cukup penasaran. Pasalnya laptop ini tampil dengan desain yang terbilang sangat ringkas, namun di saat bersamaan mampu menunjukkan kemewahannya.

Di sisi lain, HP juga berhasil mempertahankan ciri khasnya pada laptop besutannya ini dengan tampilan yang kokoh.

Membuka bagian layarnya, pengguna akan langsung dihadapkan pada bentang layar full HD seluas 13,3 inci. Yang membuatnya makin menarik, HP menerapkan tepian layar yang tipis pada laptop ini. Alhasil, secara ukuran Envy x360 lebih kelihatan seperti laptop 12 inci.

HP Envy x360: Mewah, Kokoh, dan BertenagaFoto: Istimewa

Tak sampai di situ, layar Envy x360 juga telah mendukung fungsi sentuh yang reponsif. Itu sebabnya perangkat ini juga menawarkan beberapa pilihan mode penggunaan atau multi-mode. Pengguna bisa memanfaatkan perangkat ini dalam empat fungsi berbeda, yakni sebagai laptop, tablet, stand, dan mode.

HP Envy x360: Mewah, Kokoh, dan BertenagaFoto: Istimewa

Untuk menggunakan mode tablet, pengguna hanya perlu melipat bagian layarnya sampai 360 derajat ke belakang. Oleh karena itu laptop ini dinamai sebagai Envy x360. Pengguna juga bakal nyaman membawanya ke mana-mana dalam mode tablet lantaran bobotnya yang hanya berkisar 1,3 kg.

Hal menarik lainnya terletak di bagian sisi. Envy x360 menawarkan desain yang seksi alias tipis di bagian ini. Menariknya lagi, meski dengan desain yang tipis HP tetap melengkapi Envy x360 dengan beragam konektivitas, seperti dua port USB, sebuah port USB Type-C, dan slot micro SD serta audio 3,5 mm.

HP Envy x360: Mewah, Kokoh, dan BertenagaFoto: Istimewa

Untuk urusan produktivitas, desain Envy x360 yang ringkas tak menghentikan HP untuk memberikan keyboard yang nyaman. Perangkat ini hadir dengan ukuran keypad yang cukup besar. Selain mampu meminimalkan typo, ukuran keypad yang besar pastinya akan memanjakan pengguna yang suka melakukan speed typing.

HP Envy x360: Mewah, Kokoh, dan BertenagaFoto: Istimewa

Sementara untuk hiburan, HP membenamkam stereo yang menjanjikan kualitas suara jernih. Tak cuma dua, tapi empat speaker dibenamkan pada Envy x360 hasil kolaborasi dengan Bang & Olufsen yang dikenal superior untuk urusan audio.

Spesifikasi kelas atas

Desainnya yang kokoh sejalan dengan spesifikasi yang diusung. Untuk prosesornya, Envy X360 dipercayakan pada prosesor AMD Ryzen 7 2700U yang berjalan pada kecepatan 2,2 GHz. Sementara untuk besaran RAM mengandalkan kapasitas 8 GB jenis DDR4.

Di sektor grafis, Envy x360 dibekali Radeon Vega 10 yang menawarkan kecepatan 1,3 GHz dan 640 unified shader. Meski bukan ditujukan sebagai laptop gaming, dengan spesifikasi yang diusung pastinya bukan masalah bagi Envy x360 untuk menjalankan sejumlah game populer dengan grafis ciamik.

Apalagi HP turut membekali laptop ini dengan media penyimpanan berbasis SSD jenis M.2 berkapasitas sebesar 512 GB. Sementara untuk sistem operasinya sudah terinstal Windows 10.

Sebagai pasokan dayanya, Envy dibekali baterai dengan 4 cell. HP mengklaim baterai tersebut mampu bertahan hingga 10 jam dengan sekali pengisian daya.

Tak lupa, HP juga membenamkan dukungan konektivitas WiFi dengan standar ac dan Bluetooth 4.2 yang jadi fitur wajib.

Performa kencang!

Bermodal spesifikasi yang dimiliki, HP Envy x360 sejatinya menjanjikan performa yang cepat. Untuk membuktikannya, pengujian menggunakan aplikasi benchmark sintetis jadi pilihan. Adapun aplikasi yang digunakan adalah 3DMark dan Cinebench R15.

Kedua aplikasi bisa dibilang merupakan pakem yang sering digunakan untuk mengetahui performa sebuah perangkat, khususnya hardware yang digunakan.

Pengujian pertama dilakukan menggunakan aplikasi 3DMark Sky Diver. Alasan dipilihnya Sky Diver lantaran pengujian ini memang ditujukan untuk laptop yang masuk kategori gaming. Lantas, bagaimana hasilnya?

HP Envy x360: Mewah, Kokoh, dan BertenagaFoto: Istimewa

Menjanjikan! Beberapa tes yang dijalankan berhasil dilalui Envy x360 dengan cukup mulus. Perangkat ini mampu menorehkan skor di angka 7.300-an. Lebih detailnya, di pengujian grafis Envy x360 sukses mencetak raihan minimum di angka 38 fps yang merupakan angka nyaman untuk menikmati sebuah game.

HP Envy x360: Mewah, Kokoh, dan BertenagaFoto: Istimewa

Pengujian selanjutnya menggunakan aplikasi Cinebench R15.038. Kalau 3DMark menitikberatkan pada pengujian grafis, maka Cinebench R15.038 fokus pada kemampuan prosesor yang digunakan. Skor yang berhasil dicetak Envy x360 pun terbilang menarik di pengujian ini.

Laptop ini sukses mencatatkan skor di angka 560. Kalau mengacu pada database Cinebench R15.038, raihan prosesor AMD Ryzen 7 2700 yang diusung Envy x360 tersebut bahkan mampu melampaui skor yang diraih oleh Core i7 3840QM, yakni 505.

Padahal secara kecepatan Core i7 3840QM lebih kencang dengan 2,79 GHz, dibanding Ryzen 7 2700U yang sebesar 2,2 GHz. Jadi soal performa, pastinya tak perlu dipertanyakan lagi.

Opini

Desain memang soal selera, namun model yang disodorkan Envy 360 pastinya bakal mampu memikat banyak orang. Perangkat ini hadir dengan desain yang mudah diterima. Apalagi ukurannya yang ringkas makin memberi nilai tambah tersendiri.

Makin menarik kala bentuknya yang ringkas dikombinasikan dengan desain yang tipis, sehingga menambah kesan elegan yang diusungnya. Di sisi lain, HP juga tak melupakan kesan kokoh yang jadi ciri khas laptop-laptop besutannya.

Fitur layar sentuh juga jadi pemikat. Ditambah lagi Envy x360 mendukung fitur multi-mode yang memungkinkan pengguna memakainya dalam empat fungsi berbeda. Tak cuma jadi laptop, tapi juga tablet, stand, dan tent.

HP Envy x360: Mewah, Kokoh, dan BertenagaFoto: Istimewa

Namun keistimewaan perangkat ini tak cuma sampe di situ. Sektor jeroan Envy x360 juga layak diperhitungkan. Bermodalkan prosesor AMD Ryzen 7 2700U, laptop ini mampu memberikan performa yang sangat menjanjikan.

Jadi tak hanya untuk tujuan produktivitas, menjalankan game di Envy x360 pastinya juga tak kalah menyenangkan. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, bisa dibilang Envy x360 mampu menjawab beberapa kebutuhan dalam satu perangkat. Produktivitas, lifestyle, sekaligus gaming. Lengkap! (asj/asj)