Jumat, 10 Agu 2018 13:42 WIB

Laporan dari New York

S-Pen Note 9 Tak Sekadar Buat Nulis

Meliyanti Setyorini - detikInet
S-pen Galaxy Note 9. (Foto: detikINET/Meliyanti Setyorini) S-pen Galaxy Note 9. (Foto: detikINET/Meliyanti Setyorini)
FOKUS BERITA Gebrakan Note 9
New York - Sebagai gadget dengan ciri khas stylus bernama S-Pen, tentu kemampuan fitur ini mendapat perhatian lebih pada seri Galaxy Note. Nah, di Galaxy Note 9, fungsi S-Pen mengalami sejumlah peningkatan.

"S-pen adalah main signature dari seri Note. Loyalis Note berharap kami meng-upgrade kemampuannya. Jadi kami melihat pengembangan ini seharusnya menjadi game changer," kata Jongho Park, GPP (Global Product Planning) team, Mobile Business, Samsung Electronics dalam wawancara dengan media, usai peluncuran Galaxy Note 9 di Barclays Center, New York, Amerika Serikat.

Ditambahkan Jade Shin, rekan Park yang juga merupakan GPP (Global Product Planning) team, Mobile Business, Samsung Electronics, S-pen diandalkan menjadi senjata utama persaingan dengan kompetitor, terutama vendor ponsel yang berasal dari China.


Shin membanggakan bahwa hanya Samsung yang punya S-pen. Jadi jelas dengan kemampuannya yang powerful sekarang ini, S-Pen sudah menjadi game changer buat para pesaing Samsung.

"S-pen sudah dipakai oleh lebih dari 6 generasi. Dan dari dulu fungsi ini sudah dipakai bukan hanya buat nulis. Sekarang bisa dipakai banyak hal misalnya buat selfie (pakai S-pen), itu menurut kami menandakan kalau kita bisa melakukan semuanya dengan S-pen," terang Shin.

S-Pen Note 9 Tak Sekadar Buat NulisJongho Park dan Jade Shin GPP team, Mobile Business, Samsung Electronics. Foto: Meliyanti Setyorini


Sejumlah pembaruan pada S-Pen antara lain dibenamkannya Bluetooth. Dengan adanya Bluetooth, S-Pen kini bisa mengontrol video di YouTube. Selain itu, S-Pen juga bisa jadikan remote kamera, sehingga bisa memotret selfie tanpa menyentuh ponsel.

S-Pen juga bisa dijadikan remote untuk presentasi. Lewat stylus ini, kita bisa menganti slide presentasi dengan mudah.

Menariknya, Samsung berencana tidak mengeksklusifkan S-Pen untuk diri sendiri. Mereka akan merilis SDK agar pihak tiga bisa memanfaatkan S-Pen.




Samsung Tingkatkan Kemampuan S-Pen Galaxy Note 9, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(jsn/rns)
FOKUS BERITA Gebrakan Note 9

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed