Kamis, 02 Agu 2018 11:23 WIB

Google Larang Ponsel Android Punya Banyak Poni

Virgina Maulita Putri - detikInet
Ilustrasi ponsel dengan notch. Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan Ilustrasi ponsel dengan notch. Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan
Jakarta - Saat mengumumkan Android P, Google juga mengumumkan bahwa mereka akan memberikan dukungan bagi developer untuk menguji coba aplikasinya dengan layar yang menggunakan notch.

Namun kemudian, Google menerapkan aturan baru kepada vendor smartphone berbasis Android, yaitu untuk tidak membuat smartphone dengan lebih dari dua notch.

Desain ponsel dengan notch atau kerap disebut ponsel berponi memang tengah sedang tren belakangan ini. Disebut demikian, karena bagian ponsel yang memiliki notch tampak seperti poni. Meski demikian, tak semua (atau belum) pabrikan ponsel mengikuti tren tersebut.



Seperti dilansir detikINET dari The Verge, Kamis (2/8/2018), dalam blog post-nya, Android UI Product Manager Megan Potoski menuliskan bahwa Google menetapkan smartphone yang menggunakan Android P tidak boleh memiliki lebih dari dua notch.

Satu sisi hanya diperbolehkan untuk satu notch, dan notch hanya diperbolehkan untuk sisi atas dan bawah, bukan kiri dan kanan.

Saat ini, kita memang belum melihat smartphone yang memiliki lebih dari satu notch, atau yang menempatkan notch di sisi kiri atau kanan.



Jadi, ini merupakan inisiatif Google yang tepat untuk memastikan semua aplikasi dapat berjalan dengan baik di layar smartphone apapun.

Google sendiri tidak memiliki kontrol sepenuhnya terhadap Android. Jadi, kemungkinan ada perusahaan yang tidak terikat dengan batasan Google dan kemudian merilis smartphone dengan banyak notch. (rns/rns)