iPhone Bukan Ponsel Pertama yang Diumumkan Apple

iPhone Bukan Ponsel Pertama yang Diumumkan Apple

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 25 Jul 2018 08:59 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - iPhone memang ponsel pertama yang dibuat Apple. Tapi iPhone bukanlah ponsel pertama yang diumumkan oleh Apple, kok bisa?

Jadi sebelum iPhone diumumkan 2007 silam, Apple berkolaborasi dengan Motorola untuk memproduksi ponsel. Hasilnya sebuah perangkat yang bernama Rokr E1. Ponsel ini dirilis pada 7 September 2005.



Rokr E1 memiliki kemampuan terkoneksi dan mendownload musik dari iTunes. Karenanya saat diperkenalkan oleh Steve Jobs, Eokr E1 punya julukan iTunes Phone.

Namun pada perjalanannya, ponsel ini dirasa mengecewakan, termasuk Steve Jobs sendiri. Ponsel ini hanya mampu menyimpan 100 lagu. Kapasitas tersebut jauh dari kemampuan iPod yang dapat menyimpan 1.000 lagu.

iPhone Bukan Ponsel Pertama yang Diumumkan AppleFoto: undefined


Konsep mendengarkan lagu dengan mudah gagal terealisasi. Pengguna harus membeli lagu di iTunes, setelah menguduhnya kemudian mentransfer ke Rokr E1 menggunakan kabel. Kondisi ini makin diparah oleh sistem penjualan ponsel ini yang terkunci dengan operator Cingular Wireless.

Semua itu akhirnya membuat Apple geram dan memutuskan dukungan ke Rokr E1 pada September 2006. Mungkin dari situ pula Jobs akhirnya kepikiran agar Apple membuat ponsel sendiri yang kemudian lahirlah iPhone pada 2007.

(afr/afr)