Selasa, 24 Jul 2018 14:29 WIB

Sony Bikin Sensor 48 Megapixel untuk Kamera Ponsel

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Di-zoom pun tidak pecah. Foto: istimewa Di-zoom pun tidak pecah. Foto: istimewa
Jakarta - Sony masih jadi pemimpin pasar untuk pembuat sensor kamera, dan kini mereka merilis sensor kamera ponsel dengan resolusi terbesar di dunia, yaitu 48 megapixel.

IMX586 -- nama sensor tersebut -- bisa menghasilkan foto dengan resolusi 48 megapixel atau 8000 x 6000 pixel, yang diklaim oleh Sony sebagai jumlah pixel tertinggi saat ini, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (24/7/2018).

Memang, kualitas gambar tak selalu berbanding lurus dengan jumlah megapixel. Pasalnya pixel yang lebih kecil biasanya memicu noise yang lebih banyak ketika dipakai di tempat dengan cahaya redup.

Begitu juga dengan pixel 0,8 mikron yang dipakai di IMX586, adalah yang terkecil di pasaran saat ini. Namun Sony mengaku bisa mengatasi hal ini karena menggunakan filter foto quad Bayer, yang membuat setiap pixel bisa menggunakan sinyal dari empat pixel di sekitarnya.

Sony Bikin Sensor 48 Megapixel untuk Kamera PonselFoto: istimewa


Efeknya dari penggunaan filter quad Bayer tersebut adalah sensitivitas terhadap cahaya sensor ini diklaim setara dengan sensor 12 megapixel yang mempunyai pixel berukuran 1,6 mikron.



Teknologi semacam ini sudah beberapa kali dicoba oleh pabrikan lain, seperti di Nokia PureView 808 keluaran 2012, atau bahkan Huawei P20 Pro yang tengah populer saat ini. Namun sensor IMX586 bikinan Sony ini sepertinya akan membuat penggunaan teknologi tersebut menjadi lebih luas.

Selain jumlah pixel, IMX586 mirip seperti sensor kamera ponsel lain, seperti ukuran diagonalnya yang 8mm. Ukuran tersebut membuat ponsel tak perlu mempunyai tonjolan pada bagian kameranya, kecuali jika pabrikan memilih untuk menggunakan lensa yang besar.

Sony IMX586 akan tersedia di ponsel-ponsel di pasaran mulai 2019 karena Sony berencana mengapalkan sampel sensor ini pada September mendatang. Harga modul kamera ini adalah 3000 yen atau sekitar Rp 392 ribu. (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed