BERITA TERBARU
Kamis, 19 Jul 2018 22:22 WIB

Perang Ponsel Flagship

Dilema Ponsel Flagship, Belasan Juta Rupiah Demi Fitur Melimpah

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Jika Galaxy S9+ digabung dengan iPhone X. Foto: Phone Arena/Martin Hajek Jika Galaxy S9+ digabung dengan iPhone X. Foto: Phone Arena/Martin Hajek
Jakarta - "Ada uang ada barang." Peribahasa tersebut berarti "jika sanggup membayar banyak akan mendapat barang yang lebih baik." Mungkin ungkapan tersebut sangat cocok jika melihat takaran banderol ponsel flagship di Indonesia saat ini.

Terdapat empat ponsel flagship yang bisa dibilang merupakan komoditi panas di Tanah Air, yaitu iPhone X, Samsung Galaxy S9+, Huawei P20 Pro, dan Oppo Find X. Keempat smartphone tersebut kompak dibanderol lebih dari Rp 10 juta, nominal yang tidak bisa dibilang murah untuk sebuah ponsel.

Bahkan, nama yang disebutkan pertama memiliki harga Rp 18 juta untuk versi memori internal 64 GB. Malah, ponsel teranyar Apple ini memiliki harga yang lebih tinggi lagi untuk versi ROM 256 GB, yaitu Rp 20,8 juta.



Jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga, harga iPhone X ini terbilang lebih mahal. Lihat saja Singapura mematok harga Rp 17,1 juta (64 GB) dan Rp 19,6 juta (256 GB) serta Thailand memasang banderol Rp 16,7 juta (64 GB) dan Rp 19,9 juta (256 GB) untuk smartphone flagship teranyar Apple tersebut.

Jika dibandingkan dengan iPhone X, mungkin harga Galaxy S9+ bisa dikatakan lebih ramah di kantong. Pasalnya, ponsel tersebut dihargai senilai Rp 12.999.000 untuk ROM 64 GB, Rp 13.499.000 untuk ROM 128 GB, serta Rp 14.499.000 untuk ROM 256 GB.

Satu catatan, berdasarkan keterangan di situs resmi Samsung, Galaxy S9+ dengan ROM 256 GB hanya tersedia dengan warna midnight black. Sisanya, tidak ada ketentuan khusus mengenai hubungan antara warna dengan versi ponsel tersebut berdasarkan memori internalnya.


Label harga Galaxy S9+ pun mendapat sedikit goyangan dari Huawei. Pasalnya, flagship terbaru mereka, P20 Pro, dibanderol sedikit lebih murah, yaitu Rp 11.999.000. Ponsel yang sudah mulai tersedia di Indonesia sejak 7 Juli lalu ini bahkan mendapat harga yang lebih murah dibanding di Eropa.

Huawei mengganjar P20 Pro dengan mahar 899 euro, atau sekitar Rp 15 juta di Benua Biru. Sebagaimana diketahui, smartphone tersebut lebih dahulu diperkenalkan di Paris, Prancis, dan sudah mulai dipasarkan sejak 6 April lalu untuk kawasan Eropa.

Sedangkan Oppo memilih untuk membanderol Find X dengan nominal Rp 12.999.000, sama dengan harga di China. Meski begitu, serupa seperti P20 Pro, Find X dihargai lebih murah ketimbang di Eropa. Di benua biru, ponsel teranyar dari pabrikan asal China tersebut dijual seharga Rp 16 jutaan.


Mengingat baru saja diperkenalkan di Indoneisa, Oppo akan membuka pre order mulai dari 18 hingga 31 Juli di toko-toko terpilih dan Lazada. Kemudian, pengambilan barang dilakukan pada 4 Agustus, yang dilanjutkan dengan penjualan perdana empat hari setelahnya.

Konsumen yang mengikuti pre order Find X ini diberikan sejumlah bonus, seperti O-Free Bluetooth Handsfree, VOOC CarCharger, VOOC Type C Cable. Garansi 2 tahun dan asuransi layar pun turut disertakan bagi peserta.

Jika melihat deretan ponsel berharga miring yang berseliweran di pasaran, tentunya harga smartphone-smartphone flagship tersebut terlampau mahal. Meski begitu, melihat melimpahnya fitur dan inovasi yang dimiliki, bisa jadi sebagian orang akan merasa banderol yang dipasang sudah setimpal. (mon/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed