Jumat, 13 Jul 2018 16:30 WIB

Rilis MacBook Anyar, Apple Tetap Tak Benahi Kesalahan

Indissa Salsabila - detikInet
Laptop MacBook. Foto: Getty Images Laptop MacBook. Foto: Getty Images
Jakarta - MacBook Pro yang baru saja dirilis Apple dibekali keyboard anyar. Kendati begitu, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu tidak juga membenahi kesalahan pada keyboard notebooknya.

Apple menyebutkan MacBook Pro 2018 mengusung pembaruan keyboard generasi ketiga. Keyboard ini diklaim lebih tidak berisik ketika digunakan untuk mengetik dibandingkan sebelumnya.

Sayangnya saat penguji dari Cnet menjajalnya, desain keyboard masih sama. Sehingga meski diklaim diperbarui, kemungkinan tidak memperbaiki masalah yang banyak ditemui di keyboard MacBook sejumlah pengguna.



Dan ini kemudian dipertegas Apple kala ditanya Cnet. Perusahaan yang didirikan Steve Jobs itu mengatakan tidak menyertakan teknik ataupun tweak baru di keyboard MacBook Pro anyar untuk mengatasi masalah yang telah terjadi sebelumnya.

Seperti diketahui Apple meluncurkan desain keyboard terbaru itu pada 2015 dalam upaya membuat MacBook lebih tipis dan ringan dibanding keluaran sebelumnya. Dengan "Butterfly switch" sebagai pengganti mekanisme "Scissor", Apple mengklaim dapat membuat MacBook lebih stabil, nyaman, dan responsif.

Rilis MacBook Terbaru, Apple Tetap Tak Benahi KesalahanFoto: Apple


Akan tetapi, para pengguna MacBook dengan beberapa model tertentu malah mengeluh tentang model keyboard terbaru yang diluncurkan oleh Apple ini. Mereka mengatakan keyboard tersebut lebih mudah rusak, bahkan gampang berdebu.

Beberapa pengguna mengaku terpaksa tak menggunakan komputer mereka selama seminggu atau lebih di saat Apple mengganti cacat keyboard, bahkan mengganti bagian-bagian penting yang ada pada MacBook mereka. Biaya perbaikan di luar garansi ini tak murah, bahkan ada yang membayar sampai USD 700 atau sekitar Rp 10 juta!

Setelah banyak yang bersuara, Apple pada akhirnya mengakui ada cacat keyboard pada sembilan tipe MacBook yang dirilisnya sejak 2015 hingga 2017.



Perusahaan asal California ini akan mengganti keyboard pada model MacBook dan MacBook Pro tertentu yang huruf atau karakternya berulang secara tiba-tiba, tidak muncul, terasa lengket, atau tidak merespons secara konsisten.

Cacat keyboard yang dimaksud ada di produk MacBook Retina, MacBook 12-inch tahun 2015 sampai MacBook Pro 15-inch tahun 2017, yang menggunakan tombol berjuluk 'butterfly switch'.

Apple akan memeriksa kelayakan perangkat milik para konsumen, dan kemudian memberikan layanan gratis kepada mereka. Perbaikan mungkin berupa penggantian satu tombol, beberapa tombol, atau bahkan keseluruhan keyboard.

Apple menambahkan, bagi pelanggan yang telah membayar perbaikan keyboard terkait kasus ini dapat menghubungi perusahaan untuk dikembalikan uangnya. Sayangnya, Apple tidak memberikan rincian lebih mengenai jumlah perangkat yang terkena dampak. (afr/fyk)