Kamis, 12 Jul 2018 20:13 WIB

Windows Notepad Diperbarui, Ada Fitur Apa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: internet Ilustrasi. Foto: internet
Jakarta - Setelah bertahun-tahun tak diperbarui, akhirnya aplikasi Notepad di Windows mendapat pembaruan sejumlah fitur. Apa saja?

Pembaruan Notepad yang berkode Redstone 5 ini akan hadir bersamaan dengan pembaruan Windows 10 yang akan datang, dan ada sejumlah tambahan yang sebelumya banyak diminta oleh pengguna Windows.

Rupanya masih banyak pengguna Windows 10 yang masih menggunakan Notepad untuk berbagai hal, terutama untuk melakukan perubahan atau mengedit teks sederhana, dan pembaruan ini ditujukan untuk mereka yang masih menggunakan aplikasi pengolah kata sederhana tersebut.


Fitur-fitur yang ditambahkan ke dalam Notepad antara lain adalah fitur find and replace teks dan kemampuan untuk men-zoom teks menggunakan tombol ctrl dan scroll mouse.

Lalu Microsoft pun menambahkan line ending tambahan agar mendukung line ending Unix/Linux (LF) dan Macintosh. Status bar juga akan otomatis aktif di Notepad, termasuk kemampuan untuk menampilkan jumlah barus dan kolom ketika word wrap dinyalakan.

Ada juga fitur menghapus satu kata sekaligus menggunakan ctrl+backspace, serta peningkatan performa ketika membuka file berukuran besar. Bahkan pengguna Notepad pun bisa mencari kata tertentu menggunakan Bing hanya dengan mengklik kanan kata tersebut.

Pembaruan terhadap Notepad ini hadir bersamaan dengan pembaruan Windows Console yang pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir, serta tambahan dukungan terhadap command line Linux di Windows 10, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (12/7/2018). (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed