Senin, 09 Jul 2018 22:16 WIB

Samsung Bikin Pabrik Ponsel Terbesar di Dunia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Samsung meresmikan pabrik ponsel terbarunya di India, yang dihadiri oleh Presiden Korsel Moon Jae-in dan Perdana Menteri India Narendra Modi. Pabrik ini diklaim sebagai pabrik ponsel terbesar di dunia.

Pabriknya sendiri berlokasi di kota Noida, sebuah kota satelit dari ibukota India New Delhi. Kapasitas produksi pabrik ini disebut mencapai 120 juta unit ponsel setiap tahunnya.

Di pabrik tersebut, Samsung menyebut akan memproduksi ponsel entry level yang harganya di bawah USD 100 sampai ponsel flagship seperti Galaxy S9, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Senin (9/7/2018).

India adalah pasar ponsel yang sangat besar, dengan pengguna mencapai 400 juta orang. Dibandingkan dengan populasinya yang mencapai 1,3 miliar, berarti masih banyak penduduk India yang masih potensial untuk menjadi konsumen pabrikan ponsel.

Posisi Samsung sendiri di India sebelumnya sudah tersalip oleh Xiaomi, namun dengan pembuatan pabriknya ini, perusahaan asal Korea Selatan itu berharap bisa mengambil kembali posisinya sebagai pabrikan ponsel terbesar di India.

Keberadaan pabrik Samsung di India sepertinya tak lepas dari program 'Make in India' yang digeber oleh Perdana Menteri Modi. Di program ini, sejumlah produk dalam beberapa kategori mendapat pajak khusus jika diimpor dari luar negeri. Contohnya ponsel, yang pajaknya mencapai 20%.

Hal ini membuat banyak pabrikan mendirikan pabriknya di India agar tak terkena skema pajak tersebut. Sampai saat ini sudah ada Apple, Samsung dan Xiaomi yang mendirikan pabriknya di India, tentu karena tak ingin kehilangan peluang pasar yang besar di negara tersebut. (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed