Kamis, 05 Jul 2018 22:25 WIB

Samsung Gandeng ARM Bikin Prosesor 3GHz

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji
Jakarta - Samsung Foundry menggandeng ARM untuk bekerja sama dalam membuat chipset baru dengan basis Cortex-A76 dengan proses pabrikasi 7nm LPP, yang bakal punya kecepatan lebih dari 3GHz.

Pengembangan chipset ini memang diawali dengan pabrikasi 7nm LPP, namun nantinya akan berkembang menjadi 5nm LPE. Produksi awal yang menggunakan pabrikasi 7nm akan dimulai pada pertengahan kedua 2018.

Sementara pengembangan proses litografi Extreme Ultra Violet (EUV) saat ini sudah berlangsung dan diharapkan selesai pada pertengahan pertama 2019. Teknologi ini memungkinkan pembuatan chip 5nm, yang akan lebih kecil dan lebih efisien dibanding chipset 7nm.

ARM mengklaim kalau chip dengan core A67 berkecepatan 3GHz akan 35% lebih kencang ketimbang chip dengan inti A75 berkecepatan 2,8GHz. Sementara penggunaan dayanya akan menurun 40%.


Chipset A76 diklaim ARM sebagai prosesor dengan kelas laptop, maka bukan tak mungkin nantinya akan dipakai di perangkat yang lebih besar dan kencang, bukan sekadar ponsel. Belum ada informasi kapan chipset tersebut akan mulai diproduksi secara massal dan dipakai di perangkat yang tersedia di pasaran.

Samsung Foundry pun mengumumkan sejumlah rencana jangka panjangnya, termasuk pengembangan chip dengan pabrikasi 3nm yang menggunakan teknologi Gate-All-Around-Early (GAAE), demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Kamis (5/7/2018). (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed