Kamis, 05 Jul 2018 14:36 WIB

Huawei Siap Rilis Ponsel Gaming Tahun Ini?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Logo Huawei. Foto: Amanda Rachmadita Logo Huawei. Foto: Amanda Rachmadita
Jakarta - Asus, Honor, Xiaomi, hingga Razer merupakan sejumlah vendor yang telah memiliki lini produk ponsel gaming, dengan tiga nama pertama merilisnya pada paruh pertama tahun ini. Daftar perusahaan tersebut diperkirakan bakal semakin bertambah panjang dengan hadirnya Huawei yang siap meramaikan pasar di sektor ini.

Consumer Business President Huawei, Jim Xu, mengatakan bahwa pihaknya menargetkan untuk merilis perangkat tersebut pada paruh kedua 2018, sebagaimana detikINET kutip dari Gadget Match, Kamis (5/7/2018). Sejumlah spekulasi pun bermunculan mengenai spesifikasi dari perangkat tersebut.

Salah satunya adalah kehadiran GPU Turbo pada ponsel gaming milik Huawei. GPU Turbo merupakan software yang mampu meningkatkan performa dan efisiensi dari chip Kirin buatan Huawei hingga 60%. Selain itu, perangkat lunak tersebut juga diklaim mampu memangkas konsumsi baterai hingga 30%.

Software ini sendiri sudah tertanam pada ponsel gaming milik Honor, yaitu Honor Play. Selain itu, nama-nama seperti Honor 9i, Honor V10, dan Huawei Mate 10 juga sudah mendapatkannya.


Sedangkan seri Huawei P20 dan Honor 10 dijadwalkan akan mendapatkan GPU Turbo pada bulan ini. Tidak hanya itu, seri Mate 9 dan P10 pun juga masuk ke dalam daftar penerima perangkat lunak tersebut, walau belum memiliki tanggal resminya.

Lalu, untuk prosesornya, perusahaan asal China tersebut diprediksi akan menerapkan Kirin generasi terbaru. Kemampuannya chip Kirin teranyarnya itu pun diperkirakan mampu menandingi Snapdragon 845 milik Qualcomm.

Saat ini, prosesor paling baru yang dimiliki oleh Huawei adalah Kirin 970. Chip yang disebut oleh sejumlah situs benchmark memiliki kemampuan di antara Snapdragon 835 dengan 845 sudah digunakan oleh Huawei P20 Pro.

Menarik untuk ditunggu apakah Huawei mampu merilis produk yang mampu bersaing dengan nama-nama gahar seperti Asus ROG dan Razer Phone. Mengingat paruh kedua 2018 baru saja dimulai, masih cukup banyak bagi mereka untuk menyiapkan kelahiran ponsel gaming.

(mon/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed