Minggu, 24 Jun 2018 22:36 WIB

Mau Bikin Prosesor Khusus PC, Qualcomm?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Qualcomm boleh saja menyebut Snapdragon 850 ddibuat khusus untuk PC, namun sebenarnya chip ini diduga hanya varian Snapdragon 845 versi lebih kencang.

Namun selain Snapdragon 850, Qualcomm kabarnya mempunyai prosesor lain yang memang dibuat untuk PC. Prosesor tersebut mempunyai kode SDM1000 -- mungkin bernama Snapdragon 1000 -- yang kabarnya sejak awal memang dibuat untuk PC, bukan ponsel ataupun tablet.

Dugaan ini muncul karena prosesor ini punya ukuran yang sangat besar jika dibandingkan dengan kebanyakan prosesor ARM lain, yang ukurannya hanya 20 x 15mm. Selain itu prosesor ini juga mengkonsumsi daya layaknya prosesor laptop, mencapai 12 watt.



Dengan konsumsi daya seperti itu, SDM1000 sepertinya akan langsung berhadapan dengan prosesor Intel Core versi low power, yang punya kekuatan jauh di atas Snapdragon 835, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Minggu (24/6/2018).

Informasi di atas muncul dari sebuah database yang berisikan desain referensi dari SDM1000, yang di database tersebut dipasangkan dengan RAM 16GB dan dua modul storage berkapasitas 128GB. Selain itu, SDM1000 juga muncul dalam desain prosesor yang menggunakan soket untuk terhubung ke motherboard, dan kehadiran sebuah port gigabit Ethernet.



Arsitektur yang dipakai di SDM1000 adalah Cortex-A76, yang diklaim oleh ARM mempunyai peningkatan kecepatan sebesar 35 persen. Jika benar, prosesor ini bisa jadi penantang prosesor bikinan Intel.

Belum diketahui kapan Qualcomm akan meresmikan SDM1000, meski mereka memang tak menutup rapat-rapat informasi soal chip ini. Pasalnya, ada seorang karyawan Qualcomm mengaku mengerjakan chip tersebut dan ia bekerja sebagai Windows Multimedia Project Engineer. (asj/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed