Rabu, 20 Jun 2018 21:08 WIB

Laporan dari Paris

Ini Keunggulan Utama Oppo Find X

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikinet Foto: Adi Fida Rahman/detikinet
Jakarta - Museum Louvre di Paris, Prancis baru saja menjadi saksi kehadiran Oppo Find X. Sejumlah fitur baru disematkan Oppo di perangkat terbarunya itu. Apa saja keunggulan?

Dalam kesempatan kali ini, detikINET coba mendaftar apa saja nilai lebih yang ditawarkan Find X, ketika ponsel tersebut berada dalam genggaman pengguna.

Desain

Oppo coba menggabungkan unsur seni dengan teknologi dalam ponsel ini. Itu terlihat dari sisi desain ponsel ini yang turut menjadi keunggulannya.

Find X mengusung desain panoramik yang dipadukan material kaca di bodinya, sehingga menciptakan siluet cahaya yang apik. Pada bagian pinggiran bodi diberikan sentuhan 3D glass yang halus agar menciptakan kenyamanan saat digenggam.

Oppo Find X.Oppo Find X. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet

Layar

Find X punya ponsel paling lega yang ada di pasaran. Bukan karena ukuran layarnya 6,4 inch, melainkan ponsel ini punya rasio screen-to-body 93,8% dan tanpa notch.

Aspek rasio sendiri 19,5:9. Sementara resolusinya Full HD+. Vendor asal China ini menyematkan layar AMOLED di Find X yang menimbulkan warna hingga memanjakan mata.


Spek Gahar

Ponsel ini punya dapur yang cukup gahar. Oppo memadukan prosesor Snapdragon 845 dengan GPU Adreno 630. Tersemat pula RAM 8 GB dengan ROM 256 GB. Dengan perbekalan tersebut ponsel ini bakal menghadirkan kinerja yang kencang.

Super VOOC

Setelah diperkenalkan pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2016, vendor satu ini akhirnya mengkomersialkan teknologi pengisian cepat Super VOOC. Namun, teknologi ini baru tersedia di Find X Lamborghini.

Dengan Super VOOC, baterai berkapasitas 3.400 mAh mampu terisi penuh dalam waktu 35 menit. Saat ini, belum ada di pasaran teknologi pengisian daya yang punya kemampuan secepat itu.

Kamera

Demi menghadirkan ponsel layar penuh, Oppo menyiasati dengan menyembunyikan kamera depan dan belakang. Sehingga awalnya kita akan mengira Find X hadir tanpa kamera.

Oppo menyatukan kamera depan dan belakang dalam satu modul beserta sejumlah sensor 3D structured light untuk face recognition. Ketika membuka aplikasi kamera atau akan membuka ponsel dengan pemindai wajah, modul tersebut akan muncul dengan cepat. Oppo mengklaim kecepatan munculnya hanya 0,5 detik.

Bicara spek kameranya sendiri, produsen ponsel ini memasang kamera ganda di bagian belakang. Ukurannya masing-masing 16 MP dan 20 MP dengan aperture f/2.0. Sedangkan kamera depannya berukuran 25 MP. Tapi, untuk mengetahui kualitas hasil foto, memang harus diujicoba terlebih dulu.

Ini Keunggulan Utama Oppo Find XOppo Find X. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet

3D Structured Light

Oppo menyematkan modul 3D Structure Light di dalam ponsel ini. Dalam modul tersebut, terdapat flood illuminator, infrared camera, proximity sensor, dot projector, receiver dan RGB camera.

Adanya teknologi 3D Structure Light ini mampu memproyeksi 15 ribu titik di wajah. Sehingga dapat membuat modul wajah 3D pengguna lebih tepat dan lengkap.

Bahkan teknologi ini diklaim lebih aman ketimbang pemakaian sensor sidik jari. Rata-rata tingkat kesalahan sensor sidik jari mencapai 1/50.000, sementara 3D Structured Light mencapai 1/1.000.000. Alhasil, teknologi ini tidak hanya aman untuk mengunci ponsel, tapi juga untuk pembayaran.


Selife Kece

Pemanfaatan 3D Structured Light tidak hanya untuk , Oppo pun mengaplikasikan teknologi tersebut untuk selfie. Mereka menyebutnya dengan nama 3D Smart Selfie Capture.

Find X membuat model 3D wajah pengguna menggunakan O-Face Recognition dengan akurasi tingkat milimeter. Berdasarkan model 3D yang dihasilkan, teknologi AI secara cerdas menganalisis karakteristik wajah seperti bentuk wajah dan fitur, memberikan saran untuk membuat wajah terlihat lebih alami dan realistis.

Selain itu, face recognition yang akurat memungkinkan Find X untuk mensimulasikan berbagai efek pencahayaan pada wajah manusia, sehingga pencahayaan portrait bisa diaktifkan bahkan untuk selfie lebih indah dan artistik.

Selain 3D Smart Selfie Capture, O-Face juga digunakan 3D Omoji. Penggun dapat memilih gambar yang menarik untuk membuat Omojis atau menghasilkan avatar kartun, dan kemudian membuat video atau GIF Emojis. Hasilnya dapat dikirimkan di semua aplikasi pesan dan bahkan saat melakukan percakapan video pengguna dapat memakainya..

Find X turut menyediakan solusi untuk pemotretan di kondisi backlight. Oppo menghadirkan teknologi pixel-level graded exposure secara real-time dan sensor HDR 2.0. Hasilnya apa yang pengguna lihat itulah yang akan didapatkan.

Terakhir, Find X membuatnya lebih mudah untuk mengambil foto berkualitas. Dengan bantuan AI Scene Recognition, secara cerdas mengidentifikasi adegan dan objek sekaligus mengoptimalkan gambar. Ini mendukung lebih dari 20 skenario fotografi dan lebih dari 800 kombinasi skenario termasuk salju, makanan, hewan peliharaan, dan lainnya.


Wow! 'Ini Spesifikasi Lengkap Oppo Find X'! Saksikan video selengkapnya di 20Detik:

(agt/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed