Jumat, 08 Jun 2018 17:00 WIB

Kamera Oppo Find X Punya Kemampuan Optical Zoom 5X?

Adi Fida Rahman - detikInet
Ponsel Oppo. Foto: Weibo Ponsel Oppo. Foto: Weibo
Jakarta - Setelah mengumumkan jadwal perilisan, Oppo mulai mengungkap fitur yang bakal dibawa ponsel Find X. Kemampuan kamera menjadi yang pertama dibeberkan mereka.

Dalam teaser yang baru tersebar di Weibo, Oppo menampilkan sosok seorang yang berdiri melihat langit dengan menggunakan teleskop. Terdapat tulisan berbahasa Mandarin yang bila diartikan berbunyi 'Galileo melihat ke langit, dan alam semesta yang luas dibuka kuncinya'.

Kamera Oppo Find X Punya Kemampuan Optical Zoom 5X?Foto: Weibo


Oppo sepertinya ingin menunjukkan bahwa ponsel flagship terbarunya itu punya kamera berlensa telephoto. Di mana kemampuan memperbesarnya cukup mumpuni, karena bisa 5x optical zoom.

Hal itu tidak mengejut, karena Oppo sejatinya telah memperkenalkan fitur tersebut di perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2017. Mereka menyebutnya teknologi 5X Lossless Zoom.

Sedikit mengulas tentang teknologi tersebut, 5X Lossless Zoom menggunakan struktur periskop yang terinspirasi dari kapal selam. Lensa tidak disusun secara vertikal, melainkan horizontal agar tersedia ruang untuk melakukan zoom mendalam. Untuk membantu masuknya cahaya ke lensa, Oppo menggunakan solusi kaca prisma.

Kamera Oppo Find X Punya Kemampuan Optical Zoom 5X?Foto: Weibo


Teknologi ini menjadi yang pertama di dunia yang menerapkan kaca prisma pada smartphone. Sebelumnya solusi tersebut lebih banyak dipakai pada kamera SLR. Dengan memadukan wide angle dan telephoto ini, Oppo menjanjikan kemampuan zoom lebih baik. Di mana ponsel Oppo mencapai 5x, sementara ponsel dual kamera lain hanya 2X.

Kembali ke teaser poster, sejumlah pihak turut menyakini bahwa Oppo coba membeberkan kemampuan 3D face recognition. Kata unlock mengisyaratkan Find X mungkin menawarkan cara inovatif untuk membuka ponsel. Oppo sendiri telah memamerkan teknologi cahaya berstruktur 3D bulan lalu.

Kamera Oppo Find X Punya Kemampuan Optical Zoom 5X?Foto: Istimewa


Menariknya, bocoran yang sebelumnya beredar sejatinya telah mengungkap Find X akan dilengkapi fitur 5X Lossless Zoom dan 3D facial scanning. Bisa jadi teaser poster ini ingin mengungkap keduanya.

Menjawab semua itu, kita harus menunggu hingga ponsel ini diumumkan resmi. Oppo telah memastikan akan mengumumkan Find X pada 19 Juni. Prosesi peluncuran akan berlangsung di Museum Louvre di Paris, Prancis.



Mau tau spesifikasi lengkap Oppo Find X? Tonton video selengkapnya di 20Detik:

[Gambas:Video 20detik]

(afr/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed