Jumat, 08 Jun 2018 06:50 WIB

Tiga Raksasa Teknologi Kembangkan Standar Baru Display Braille

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Microsoft Foto: Microsoft
Jakarta - USB Implements Forum (USB-IF) mengumumkan kerjasama dengan raksasa Silicon Valley - Google, Apple, dan Microsoft - untuk mengembangkan standar Human Interface Device (HID) baru untuk display Braille.

Ketiga perusahaan teknologi raksasa tersebut juga akan bekerjasama dengan anggota USB-IF lainnya seperti perusahaan teknologi bantu (AT) dan organisasi non-pemerintah yang mengadvokasi kepentingan tuna netra.

Standar baru ini diharapkan dapat memudahkan sistem operasi dan perangkat yang berbeda untuk menampilkan fitur Braille. Saat ini, orang tuna netra dan orang yang memiliki penglihatan lemah harus memasang hardware dan software yang berbeda hanya untuk menggunakan komputer.



"Braille merupakan kunci untuk literasi, pendidikan, pekerjaan dan sukses bagi tuna netra di seluruh dunia. Standar HID yang memungkinkan integrasi mulus display Braille di seluruh perangkat akan memudahkan pembaca Braille untuk menggunakan alat penting ini di rumah, di sekolah, di kantor atau di manapun," kata Presiden National Federation of the Blind, Mark Riccobono, dalam pernyataannya, seperti dikutip detikINET dari blog Microsoft, Kamis (8/6/2018).

Kerjasama ini diharapkan dapat memajukan teknologi untuk orang dengan disabilitas dan menciptakan pendekatan yang konsisten bagi penyedia AT.

Microsoft menyatakan standardisasi HID ini selain meningkatkan implementasi display braille juga akan mengurangi waktu dan biaya untuk pemasaran, dan akhirnya memberdayakan orang tuna netra dan orang dengan penglihatan lemah. Standar ini sendiri diharapkan mulai diadopsi oleh developer pada tahun 2019. (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed