Rabu, 06 Jun 2018 15:11 WIB

Ini Prosesor Anyar Qualcomm Buat PC Windows

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Komputer Windows. Foto: Drew Angerer/Getty Images Komputer Windows. Foto: Drew Angerer/Getty Images
Jakarta - Qualcomm merilis sebuah prosesor anyar untuk platform PC Windows 10 Always Connected, dan prosesor tersebut diberi nama Snapdragon 850.

Snapdragon 850 akan menggantikan Snapdragon 835 yang jadi prosesor pertama yang dipakai PC Always Connected. Peningkatan yang didapat dari prosesor anyar ini tentulah performa, selain itu juga konektivitas dan daya tahan baterai.

Sebagai pengingat, platform PC Always Connected bisa dibilang adalah jawaban Microsoft dan Qualcomm untuk iPad Pro. Yaitu sebuah PC yang menggunakan prosesor ARM, modem LTE terintegrasi, daya tahan baterai yang lama, serta bisa nyala secara instan.



Tak seperti Snapdragon 835 yang juga dipakai di ponsel, Qualcomm memastikan Snapdragon 850 hanya akan dipakai di PC, dan tidak di ponsel. Itu karena Snapdragon 850 ini merupakan Snapdragon 845 yang sudah dimodifikasi, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (6/6/2018).

Qualcomm mengklaim adanya peningkatan performa sebesar 30%, daya tahan baterai 20% lama, serta kecepatan transfer data yang 20% lebih kencang, dibanding Snapdragon 835. Hal ini bisa dicapai karena Snapdragon 850 dibuat dengan pabrikasi yang sama dengan Snapdragon 845, yaitu proses pabrikasi 10 nm, dan dipasangkan dengan modem X20.

PC Always Connected dengan Snapdragon 835 memang baru beberapa bulan muncul di pasaran. Namun Qualcomm memastikan kalau perangkat PC dengan prosesor terbarunya ini akan tersedia di rak-rak toko pada musim liburan tahun ini, dan mereka pun memastikan sudah bekerja sama dengan lebih banyak pabrikan PC untuk menggarap platform ini.

(asj/fyk)