Kamis, 31 Mei 2018 12:42 WIB

Perusahaan China Jajal Antar Makanan Pakai Drone

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Drone pengantar makanan. Foto: Dok. Ele.me Drone pengantar makanan. Foto: Dok. Ele.me
China - Pemanfaatan drone untuk urusan antar mengantar memang bukan hal yang baru di jagat teknologi. Berbagai perusahaan dan negara sekarang tengah berlomba menguji drone sebagai alat delivery, termasuk di China berikut ini.

Namun, bukan barang seperti rencana Amazon yang diantar dengan drone, melainkan makanan. Adapun pengujian pesan antar dengan drone ini dilakukan oleh perusahaan pengantar makanan asal China, yakni Ele.me.

Menurut laporan, Ele.me telah mendapat persetujuan dari pemerintah China untuk mengoperasikan drone di kawasan industri Shanghai. Dengan 17 rute baru yang disetujui, konsumen bisa memesan lewat platform Ele.me dan menunggu makanan mereka datang dalam waktu 20 menit.


Menuru Ele.me, rute baru ini akan meng-cover area 58 km persegi dan dikatakan akan memberikan manfaat bagi lebih dari 100 merchant yang membuka usahanya di Shanghai Jinshan Industrial Park, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Kamis (31/5/2018).

Selain bisa lebih cepat, penggunaan drone untuk mengantar makanan bisa mengurangi biaya. Ini karena dengan menggunakan drone, staf pengantar mereka hanya butuh menjalankan 15% dari rute. Ini juga berarti bahwa dengan drone, paling tidak para staf tak harus berjibaku dengan kemacetan yang berujung pada kelelahan driver.

Ele.me sebelumnya telah memperkenalkan dan menguji coba jajaran dronenya di Shanghai pada September 2017. Drone model E7 milik Ele.me yang diuji coba itu mampu terbang sejauh 20 kilometer dengan kecepatan maksimal 65 kilometer per jam.

(mag/mag)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed